Luis Monti : Dibenci Masyarakat Uruguay, Dicintai orang Italia

Klasik

by redaksi

Luis Monti : Dibenci Masyarakat Uruguay, Dicintai orang Italia

Setiap zaman memiliki idola berbeda-beda. Di dekade 30-an orang akan lebih kenal dengan sosok Luis Monti. Penyerang ini adalah idola di dua negara berbeda pasalnya dia memang sempat membela dua negara berbeda yaitu Italia dan Argentina.


Karis Monti di dua negara itu pun cukup fenomenal. Pasalnya dia mampu meloloskan Argentina dan Italia ke final Piala Dunia tepatnya pada dua Piala Dunia 1930 dan 1934 - sebuah pencapaian yang sulit untuk diulang oleh siapapun


Uniknya dalam dua kali final itu Monti mendapatkan ancaman pembunuhan yang sama. Pada Piala Dunia 1930, Monti mampu membawa Argentina lolos ke final untuk menantang tim tuan rumah Uruguay. Sialnya dia mendapat ancaman bahwa keluarganya akan dibunuh jika dia mampu membawa Argentina juara. Ancaman itu membuatnya drop, alhasil Argentina pun mengalah dan Monti beserta keluarganya terselamatkan.


Pada Piala Dunia 1934, kejadian serupa terjadi. Hanya saja ancaman datang bukan dari pihak lawan melainkan sang diktator Italia Benito Mussolini. Malam jelang laga final El Duce mengumpulkan seluruh pemain Italia, secara gamblang dia mengancam akan membunuh mereka jika Italia gagak mengalahkan Cekoslovakia pada laga final.


Ancama itu membuat tim Italia bermain kesetanan. Alhasil mereka menang 2-1 dan meraih trophy Julies Rimet. Kemenangan ini amat spesial bagi Monti. Pasalnya untuk kedua kalinya nyawanya terselamatkan. Andaikan Monti masih hidup, dia mungkin akan paling menunggu laga sengit antara Uruguay melawan Italia nanti malam. Namun jika menilik ancaman dari yang dilakukan orang Uruguay dan Italia berikan, nampaknya Monti akan mendukung Italia.

Komentar