[Match Preview] Amerika Serikat vs Portugal

Piala Dunia

by redaksi

[Match Preview] Amerika Serikat vs Portugal

Pendukung Portugal dibuat cemas dengan tidak bisa tampilnya sejumlah pemain inti. Pepe mendapatkan hukuman kartu merah. Sementara itu, Fabio Coentrao dan Hugo Almeida mendapatkan cedera saat pertandingan pertama menghadapi Jerman.

Kiper Portugal, Rui Patricio, diragukan tampil karena mengalami cedera otot. Sementara Cristiano Ronaldo sepertinya akan membuat perjudian dengan bermain menghadapi Amerika Serikat. Menurut dokter yang menangani pemain terbaik dunia itu, Ronaldo sebenarnya harus absen dari kompetisi empat tahunan ini, jika ingin cederanya segera membaik.

Sementara itu, Juergen Klinsmann masih mencari formula yang pas dalam menyerang lawan. Meski menang 2-1 atas Ghana di laga pertama, nyatanya Amerika tak mampu menguasai jalannya pertandingan. Dari jumlah possesion pun, mereka hanya mendapatkan 38%. Sepanjang 90 menit pertandingan, Amerika hanya melakukan delapan attempts ke gawang Ghana.

Membenahi Lini Pertahanan

Menghadapi Portugal, Amerika mesti membenahi lini pertahanan mereka, terutama untuk menghadang crossing lawan. Ghana berhasil melakukan 38 umpan silang ke jantung pertahanan Amerika. Mereka juga berhasil melakukan 21 attempts ke gawang Amerika. Beruntung, Ghana hanya mencetak satu gol.

Jika lini belakang  ini tak segera dibenahi, bukan tidak mungkin Portugal mencetak banyak gol ke gawang yang dijaga Tim Howard. Ini karena Portugal lebih sering menyerang lewat sayap. Dua winger Portugal, Ronaldo dan Nani, menjadi tumpuan di sisi sayap.

Amerika Serikat sepertinya akan menguatkan lini tengah mereka dengan memasang lima gelandang. Klinsmaan akan menempatkan satu gelandang bertipe bertahan dan dua gelandang yang bermain sebagai penyeimbang lini tengah. Sementara dua gelandang sayap, memiliki kewajiban untuk membantu pertahanan.

Klinsmann tampaknya akan membiarkan Portugal untuk menguasai bola. Ia akan meminta para pemainnya untuk mengamati serangan Portugal dan mencari celah untuk dapat dieksploitasi lewat serangan balik.

Pass Portugal Jerman
Operan Portugal saat menghadapi Jerman di pertandingan pertama.

Prediksi

Kemenangan atas Ghana turut mengangkat moral Amerika Serikat. Hasil seri sepertinya akan menjadi hal yang realistis bagi Amerika. Sementara Portugal sebisa mungkin mesti meraih poin dari laga ini.

Portugal akan mendominasi di lini tengah. Jika lini serang Portugal bisa menunjukkan performa terbaiknya, bukan tidak mungkin mereka bisa menang lebih dari tiga gol. Tapi jika lini serang Portugal melempem, hasil seri sepertinya akan mewarnai laga ini.

Line Up Amerika Portugals

[fva]

Komentar