[Match Analysis] Argentina 1 vs 0 Iran: Kedisiplinan Iran yang Membuat Messi Frustasi

Analisis

by redaksi

[Match Analysis] Argentina 1 vs 0 Iran: Kedisiplinan Iran yang Membuat Messi Frustasi

Dalam pertandingan semalam, Argentina melepaskan banyak sekali crossing, yaitu sebanyak 41 buah dengan 9 di antaranya menemui sasaran. Sebagai perbandingan, tim yang paling sering melakukan umpan silang di Piala Dunia kali ini, yaitu Ghana, hanya melepaskan rataan 29crossing/game.

Salah satu penyebabnya adalah Iran yang memang menumpukkan pemain di tengah secara sempit/narrow. Ini terlihat dari grafik heat map skuat Carlos Queiroz di bawah.

ARG-IRN5

Hal ini memang tak terlepas karena pemain-pemain Iran begitu disiplin menjaga daerah pertahanannya. Meski tidak mengambil banyak hal positif dari permainan defensif, Iran mendapatkan kinerja yang solid dari bek-bek mereka, baik Mehrdad Pooladi. Jalal Hosseini, Amir Hossein Sadeghi, dan Pejman Montazeri untuk menghentikan serangan Argentina.

Caranya adalah dengan cepat menutup gerak dari trisula penyerang + Angel Di Maria. Pasalnya, keempat pemain tersebut adalah pemain yang memiliki akselerasi sangat baik saat mendapatkan ruang. Maka penting untuk menghentikan pergerakan mereka sedini mungkin, sebelum mereka mendapatkan tempat untuk melakukan dribble.

Menghadapi bombardir serangan, operan final third, dan crossing Argentina, Iran bermain bertahan mati-matian dan berhasil menghalau itu semua. Tercatat, 22 (dari 40) buah tekel berhasil dilakukan dengan baik, dan mereka berhasil menghalau serangan Argentina dengan 38 clearance.

Simak ulasan lengkapnya di sini.

Komentar