[Match Analysis] Kerapatan Pemain Kosta Rika yang Meredam Agresifitas Lini Tengah Italia

Analisis

by redaksi

[Match Analysis] Kerapatan Pemain Kosta Rika yang Meredam Agresifitas Lini Tengah Italia

Banyak yang memprediksi, termasuk penggawa dan pemain timnas Inggris, bahwa Italia  akan menang mudah saat menghapi Kosta Rika di Recife. Namun kenyataan berkata lain, Italia justru dijungkalkan Kosta Rika. Dan dengan kemenangan Kosta Rika itu, praktis, asa dan segala teori rumit tentang peluang Inggris  yang mampu lolos dari grup D, runtuh. Tak bersisa.

Sejak babak pertama, Cesare Prandelli, sudah enggan untuk mengikuti gaya permainan cepat Kosta Rika. Karenanya, Prandelli lebih memilih untuk menumpuk pemain di tengah, untuk meredam kecepatan pemain-pemain Kosta Rika.

Pilihan taktik itu cukup berhasil, memang. Tapi Italia justru tak bisa berkembang saat mereka berhasil menguasai bola. Kerapatan jarak antar pemain Kosta Rika-lah yang menyebabkan hal itu. Menjadikan Italia kesulitan untuk masuk ke kotak penalti Kosta Rika.

Di sisi lain, Kosta Rika yang punya kecepatan, mereka memilih untuk menyerang lewat sayap, dan merangsak ke kotak penalti Italia lewat umpan-umpan silang. Jose Pinto, pelatih kepala Kosta Rika, memang sengaja menghindari pertarungan lini tengah.

Usaha anak-anak wakil Concacaf itu baru berbuah hasil pada menit ke-44. Ketika umpan silang Junior Diaz mampu dimanfaat kan dengan baik oleh sang kapten, Bryan Ruiz. Gol itu pun menutup paru pertama, Italia 0-1 Kosta Rika.

proses-gol

Di babak kedua, Italia menjadi bernafsu mengejar angka. Antonio Cassano, Lorenzo Insigne, dan Alessio Cerci pun dimasukkan. Tapi tak hanya berganti pemain, Italia juga mengubah skema. Berbeda dengan babak pertama yang lebih sering menunggu, pada babak kedua, saat kehilangan bola, Italia langsung memberikan pressing ketat.

Namun usaha Italia di babak kedua itu tak berbuah hasil. Sampai peluit panjang dibunyikan oleh Enrique Osses, Italia tetap gagal menyamakan kedudukan. Kosta Rika pun berhasil memanstikan satu tempat di babak 16 besar.

Memang, dengan kekalahan ini, peluang Italia untuk lolos dari fase grup masih terbuka. Asal Andrea Pirlo dkk. mampu menahan imbang Uruguay, Gli Azzuri akan menemani Kosta Rika ke fase 16 besar sebagai wakil grup D.

Namun, kemenangan Kosta Rika ini, telah memupuskan harapan Inggris untuk bisa lolos dari fase grup. Karena Tiga Singa, tak mungkin bisa, mengejar raihan angka Uruguay maupun Italia, meski mereka berhasil menang lawan Kosta Rika.

Simak ulasan lengkapnya di sini.

(mul)

Komentar