[Match Preview] Italia vs Kosta Rika: Mengandalkan Kekuatan Lini Tengah

Piala Dunia

by redaksi

[Match Preview] Italia vs Kosta Rika: Mengandalkan Kekuatan Lini Tengah

Hasil pertandingan Italia menghadapi Kosta Rika akan menentukan nasib tiga negara, Italia, Kosta Rika dan Inggris. Jika Gli Azzurri berhasil menang, secara otomatis mereka akan langsung lolos ke babak selanjutnya. Pun dengan Kosta Rika. Sedangkan bagi Inggris, kemenangan Italia atas Kosta Rika akan memanjangkan nafas mereka di Piala Dunia.

Susunan Pemain

Pertandingan ini akan menandai penampilan perdana Gianluigi Buffon di Piala Dunia. Kiper PSG, Salvatore Sirigu, menggantikan posisi Buffon di pertandingan pertama menghadapi Inggris. Di lini pertahanan, bek AC Milan, Ignazio Abate, akan menggantikan posisi Giorgio Chiellini yang digeser ke bek tengah yang sebelumnya diisi Gabriel Paletta. Di lini tengah, Thiago Motta akan menggantikan posisi Marco Verratti yang absen terkena flu.

Pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto, sepertinya tidak akan mengubah susunan pemain. Pinto akan menurunkan pemain yang sama kala mereka mengalahkan Uruguay 3-1. Satu tempat di lini depan akan diisi Joel Campbell yang mencetak satu gol serta satu assist di pertandingan tersebut.

Determinasi Tinggi

Uruguay dikejutkan oleh permainan Kosta Rika, terutama di babak ke dua. Kosta Rika bermain lebih efektif meski tidak banyak menguasai bola. Kosta Rika berhasil melepaskan 13 attemps dengan empat mengarah ke gawang, dan tiga menjadi gol.

Kosta Rika kemungkinan akan menerapkan taktik yang sama menghadapi Italia. Ketika Italia menyerang, Kosta Rika akan segera melakukan tekel untuk merebut bola. Menghadapi Uruguay, Kosta Rika melakukan 20 kali tekel. Ini juga yang menjadi penghambat serangan Uruguay kala itu.

Ini penting untuk diperhatikan Pelatih Italia, Cesare Prandelli. Para pemain Italia diharapkan untuk tidak terlalu banyak menggiring bola. Permainan operan-operan pendek cepat akan menjadi strategi yang ampun dalam menghadapi Kosta Rika.

Jika Italia terlalu memaksakan melakukan dribbling, dikhawatirkan bola terebut dan ini menimbulkan kesempatan bagi Kosta Rika untuk melakukan serangan balik.

Italia mesti mewaspadai performa Campbell dan Cristian Bolanos yang menjadi kreator gol Kosta Rika. Para penyerang Gli Azzurri diharapkan sudah siap menghadapi kiper Kosta Rika, Keylor Navas, yang bermain sangat baik kala menghadapi Uruguay.

Kecepatan Campbell akan merepotkan lini pertahanan Italia yang digalang dua bek tengah Barzagli dan Chiellini. Namun, itu akan terjadi jika Campbell mendapatkan suplai bola yang cukup dari lini tengah Kosta Rika. Masalahnya, trio Danielle de Rossi, Thiago Motta, dan Andrea Pirlo akan menjaga daerah tersebut.

Tiga gelandang tersebut memiliki kemampuan bertahan dan membantu serangan yang sama baiknya. Lihat bagaimana Pirlo yang bermain begitu tenang kala menghadapi Inggris. Peran Verrati di lini tengah, tampaknya akan tergantikan oleh kualitas rekan satu timnya di PSG, Thiago Motta.

Di lini depan, Italia akan berharap performa yang baik kembali ditunjukkan Mario Balotelli sebagai ujung tombak. Ia berhasil melakukan empat attemps dengan dua di antaranya mengarah ke gawang, dan satu berhasil menjadi gol.

Prediksi

Banyak yang menilai Italia akan menang mudah atas Kosta Rika. Tapi, penampilan Kosta Rika yang menang atas Urugay, membuat mereka tak bisa begitu saja disepelekan. Pertandingan lini tengah diprediksi akan dikuasai oleh Italia.

Jika Gli Azzurri bisa mencetak gol cepat, Kosta Rika tampaknya akan kesulitan untuk mengejar ketertinggalan. Italia bisa menang lewat selisih satu atau dua gol atas Kosta Rika. Bukan tidak mungkin, mereka akan menciptakan clean sheet pertama di Piala Dunia 2014 pada laga ini.

Ita-Cos

[fva]

 

Komentar