[Match Preview] Inggris vs Uruguay: Tiga Poin atau Pulang

Piala Dunia

by redaksi

[Match Preview] Inggris vs Uruguay: Tiga Poin atau Pulang

Inggris dan Uruguay akan berhadapan untuk menentukan siapa yang harus gugur lebih dulu dari Piala Dunia kali ini. Baik Inggris maupun Uruguay sama-sama harus meraih poin 3 demi mendapatkan peluang untuk lolos ke babak selanjutnya. Hasil imbang apalagi kalah akan membuat peluang mereka untuk lolos sangat tipis.

Uruguay baru saja mendapatkan berita menyenangkan setelah striker, Luis Suarez, andalan mereka dinyatakan siap bermain setelah sebelumnya masih dalam perawatan pasca Cedera. Suarez mengalami cedera pada lututnya saat membela Liverpool dan harus menjalani operasi.

Dengan hadirnya Suarez, Oscar Tabares dapat menurunkan duet striker terbaik yang dimilikinya. Bahkan banyak kalangan yang menganggap bahwa duet striker ini adalah duet terbaik yang ada di Piala Dunia kali ini. Luis Suarez akan mengisi posisi yang pada pertandingan pertama ditempati oleh Diego Forlan untuk berduet dengan Edinson Cavani.

Di kubu Inggris sendiri, Roy Hodgson sepertinya tidak akan melakukan banyak perubahan pada starting XI Inggris. Meski kalah, Inggris berhasil menampilkan permainan yang cukup baik. Hodgson mungkin hanya mengganti Danny Welbeck dengan Adam Lallana pada posisi penyerang sayap kanan.

squad-ENG---URU

Perkiraan starting XI Inggris (kiri) dan Uruguay (kanan)

Melihat pertandingan pertama dari masing-masing negara. Lapangan tengah menjadi area yang rentan bagi Uruguay. Karena tidak memiliki pilihan lain, Oscar Tabarez masih harus memainkan 2 gelandang bertipe bertahan, Walter Gargano dan Arevalo Rios. Kedua gelandang ini akan tetap berdiri rapat dengan barisan pertahanan, sebagai lapisan pertama sebelum lawan masuk ke kotak penalti.

Sedangkan di kubu Inggris, pada pertandingan melawan Italia, ketiga pemain yang berada di belakang Daniel Sturridge yaitu Wayne Rooney, Raheem Sterling, dan Danny Welbeck, bermain cenderung ke tengah. Maka jika kondisi tetap terjadi pada pertandingan melawan Uruguay nanti, ketika pemain ini akan bentrok dengan Walter Gargano dan Arevalo Rios di kubu Uruguay.

Dari segi jumlah, Inggris memang lebih unggul dengan menggunakan 3 orang gelandang serang sedangkan Uruguay hanya memiliki 2 gelandang bertahan. Apalagi, pada pertandingan melawan Kostarika lalu pun kedua pemain sayap Uruguay cenderung bermain sangat melebar sehingga benar-benar hanya menyisakan kedua gelandang di tengah. Rataan posisi para pemain Inggris dan Uruguay saat pertandingan pertama lalu menunjukan hal tersebut.

Drawing1


Rataan posisi pemain Uruguay saat melawan Kostarika (atas) dan pemain Inggris saat melawan Italia (bawah)


Namun di sisi lain, Inggris juga harus waspada pada sektor sayapnya. Dengan kecenderungan ketiga gelandang serang mereka yang bermain ke tengah, maka sektor sayap hanya menyisakan kedua fullback mereka. Padahal di kubu Uruguay, serangan sayap justru menjadi senjata utama. Uruguay memiliki dua pemain sayap yang bermain sangat lebar dengan bantuan dari kedua fullback.

Maka glen Johnson dan Leighton Baines dituntut untuk bermain disiplin menjaga areanya, atau Inggri akan menjadi bulan-bulanan serangan balik uruguay.

Komentar