[Key Player] Pertarungan De Guzman versus Jedinak di Tengah

Piala Dunia

by redaksi

[Key Player] Pertarungan De Guzman versus Jedinak di Tengah

Dari beberapa pemain inti yang akan diturunkan, jika Van Gaal memakai 5-3-2 atau 4-3-3 posisi De Jong dan Jonathon de Guzman akan tetap jadi tumpuan utama di lini tengah.  Kemampuan atletik dan defensif dua pemain ini yang menjadi sebab. De Guzman nampaknya akan bermain lebih dalam, dia akan bertugas man to man kepada ujung tombak segitiga lini tengah yang dibentuk Australia yakni Mark Bresciano.


Dalam soal penguasaan lapangan area aksi De Guzman dan De Jong boleh dibilang cukup terbatas, tugas mereka hanya membagi bola pada dua wing-back atau Sneijder.  Agar bisa lebih cair saat menyerang, De Guzman bisa ditarik lebih depan oleh Van Gaal, namun pemain ini bukanlah pembagi bola yang baik.  Kehadiran Guzman akan mematikan supply bola ke Tim Cahill yang memang sering mundur ke belakang mengingat Cahill bukanlah striker namun lebih berperan false nine


Kendati lini tengah Belanda memiliki kecenderungan bertahan tapi hal itu tak menandaskan bahwa offesifitas mereka tumpul. Peran ini mestinya diemban oleh Guzman, dia berperan memberi supply dengan cepat kepada tiga pemain di depan, Sneijder – Van Persie – Robben, lewat pergerakannya yang merangsek naik ke depan.


Dengan memakai poros ganda yang cenderung tipikal bertahan dan holding midfielder yang baik yakni Milligan dan Jedinak, Australia memang memiliki sedikit keuntungan untuk menghadang lini kedua Belanda menginisiasi serangan, namun yang jadi soal harus diperhatikan agar pemain Australia tak terjebak pada bola, mengingat tiga inti penyerang Belanda amatlah cair dan kerap berotasi.


Kunci transisi menyerang Australia ada di Jedinak, dialah yang menentukan serangan Australia akan dilakukan lewat bola-bola pendek atau bola-bola panjang. Dalam soal bertahan, dia pula yang menentukn garis pertahanan seperti apa akan dimainkan. Main rendah atau main tinggi. Jika Jedinak naik, maka Australia akan memainkan high defensive line begitupun sebaliknua.


Dalam soal serangan, yang jadi tipikal dari Australia adalah permainannya yang memanfaatkan bola-bola crossing. Karenanya, Australia cenderung memainkan permainan melebar dan kedua fullback Jason Davidson dan Ivan Franjic amatlah agresif. aliran bola biasanya dialirkan ke sayap bukan dari lini belakang, melainkan dari tengah lewat Jedinak.  Dengan menilik kedua pemain dari kubu berbeda ini, maka laga nanti malam akan jadi laga sengit antara Guzman dan Jedinak.

Komentar