[Match Report] Belgia 2-1 Aljazair

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Belgia 2-1 Aljazair

Pertandingan Piala Dunia 2014 grup H kembali menyajikan sebuah kejutan. Tim unggulan Belgia harus bersusah payah melawan Aljazair yang kurang diunggulkan. Aljazair berhasil membuat panik para pendukung Belgia setelah berhasil unggul lebih dahulu di babak pertama.

Belgia akhirnya dapat menurunkan striker andalannya, Romelu Lukaku, setelah sebelumnya Lukaku masih diragukan tampil karena masih mengalami cedera. Di barisan pertahanan, Marc Wilmots benar-benar mengandalkan 4 pemain yang berposisi asli sebagai bek tengah. Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld dipercaya untuk mengisi posisi bek kanan dan kiri Belgia.

Di barisan penyerangan, Marc Wilmots lebih memilih untuk menempatkan Kevin De Bruyne sebagai penyerang sayap dan memainkan Nacer Chadli pada posisi gelandang. Dengan kondisi ini, pemain yang kini membela Napoli, Dries Mertens harus terlebih dahulu duduk di bangku cadangan.

Sedangkan di kubu Aljazair, sang pelatih Valid Halihodzic memilih untuk memasang penyerang Soudani ketimbang sang pencetak gol terbanyak Aljazair pada babak kualifikasi, Islam Slimani. Riyad Mahrez dan Sofiane Feghouli mendampingi Soudani di depan untuk menyerang pertahanan Belgia.

Aljazair berhasil unggul lebih dulu pada menit ke 24 setelah Jan Vertonghen melakukan pelanggaran terhadap Feghouli di kotak terlarang. Eksekusi penalti yang dilakukan oleh Feghouli sendiri berhasil memperdaya kiper Belgia, Thibaut Courtois, 1-0 untuk Aljazair. Skor ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Marc Wilmots yang tidak mau menerima kekalahan di pertandingan pertama melakukan beberapa pergantian pemain, Dries Mertens, Marouane Fellaine, dan Divock Origi masuk menggantikan Nacer Chadli, Dembele, dan Romelo Lukaku. Pergantian pemain yang dilakukan Wilmots ini ternyata berujung manis.

Fellaini yang baru masuk berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan pada menit ke 70. Sembilan menit kemudian, giliran pemain pengganti lainnya, Dries Mertens, yang berhasil menyumbangkan gol bagi Belgia. Belgia berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1 dan skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

match-report-BEL---ALG

Komentar