[Man of the Match] Mueller, Biang Kekalahan Portugal

Piala Dunia

by redaksi

[Man of the Match] Mueller, Biang Kekalahan Portugal

Pelatih Jerman, Joachim Loew, melakukan perjudian besar dengan tak menurunkan seorang penyerang murni. Misroslav Klose yang biasanya menjadi ujung tombak Der Panzer, harus rela duduk di bangku cadangan setelah posisinya digantikan gelandang serang asal klub Bayern Munich, Thomas Mueller.

Miroslav Klose memang sudah melewati rekor 69 gol legenda Jerman, Gerd Mueller. Dan membutuhkan satu gol lagi di Piala Dunia untuk menyaingi torehan 15 gol Ronaldo da Lima. Namun ambisi Klose itu sepertinya dianggap angin lalu oleh Joachim Loew, pelatih kepala timnas Jerman, karena penyerang berusia 36 tahun itu tetap duduk di bangku cadangan, tadi malam.

Untungnya keputusan Loew itu membuahkan hasil. Mueller membalas kontan kepercayaan sang pelatih dengan mencetak tiga gol pada laga pembuka grup G Piala Dunia 2014. Tiga gol yang tentunya membuat Mueller menjadi pencetak gol terbanyak sementara.

Mueller yang kali ini berperan sebagai ‘false nine’ mencetak tiga gol dari empat usaha tembakan yang ia lakukan semalam. Ia yang aslinya merupakan seoerang attacking midfielder sukses mencuri kesempatan di tengah rapatnya pertahanan Portugal yang  sulit ditembus.

Gol pertamanya ia lesakkan lewat titik putih pada menit ke-11. Imbas dari  Joao Pereira yang harus menjatuhkan Mario Goetze  di kotak terlarang.

Gol kedua ia cetak setelah memanfaatkan buruknya clearance  yang dilakukan Bruno Alves. Alves yang bermaksud menyapu bola di dalam kotak penalti, berhasil diblok Mueller. Dengan tendangan kaki kirinya Mueller kembali merobek gawang Rui Patricio.

Gol terakhir tercipta setelah Mueller memanfaatkan bola rebound hasil  umpan silang Schurrle yang tak mampu diamankan Rui Patricio. Mueller yang berada di mulut gawang dengan mudah menyontek bola, dan  mengunci kemenangan Jerman menjadi 4-0.

Mueller memang aktor dibalik kesuksesan Jerman menggulung Portugal semalam. Selain tiga golnya, Mueller jugalah yang membuat Pepe harus terusir setelah menanduk kepalanya. Ya, Portugal benar-benar dibuat tak berdaya oleh aksi seorang Mueller baik gol maupun aksinya di atas lapangan.

motm

[ar]

Komentar