[Match Report] Iran 0 vs 0 Nigeria

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Iran 0 vs 0 Nigeria

Hasil imbang pertama dalam gelaran Piala Dunia tahun ini ternyata terjadi di Stadion Arena da Baixada, dini hari tadi (17/6) setelah Iran dan Nigeria bermain imbang 0-0, pada pertandingan perdana Grup F. Hasil ini dapat ditebak sebelumnya, mengingat kedua tim memang cederung bermain defensif dan mengandalkan serangan balik.

Hasil imbang ini membuat puncak klasemen grup B dimiliki oleh Argentina, yang pada laga sehari sebelumnya menang tipis 2-1 atas Bosnia Herzegovina. Sementara Iran dan Nigeria harus berbagi posisi kedua dan ketiga sama-sama mengemas poin 1.

Berbicara tentang pertandingan tadi malam, Iran dan Nigeria memainkan tempo yang lambat, kedua tim lebih cenderung menunggu masing-masing. Alhasil saat menyerang rapatnya barisan pertahanan kedua tim membuat lawan kesulitan untuk mencetak gol.

Nigeria sendiri baru bisa mendapatkan peluang emas pertama pada menit ke-31, saat Ahmad Musa melepaskan sontekan keras first time lewat kaki kiri yang meluncur deras ke gawang Iran, namun dengan sigap kiper Iran, Alireza Haghighi mampu menepis bola, membuangnya menjadi corner. Kokohnya pertahanan Iran dan rapatnya jarak antara gelandang dengan bek membuat dominasi serangan Nigeria lebih banyak diakhiri dengan tendangan dari luar kotak penalti. Tercatat dari 5 attempt yang dibuat Nigeria, 4 diantarnya adalah shoot di luar kotak penalti.

Meski Nigeria terlihat menguasai pertandingan, Iran bukan tanpa serangan. Mereka mendapat peluang emas pada menit 34, setelah Reza Ghoochanneijhad menyundul bola ke gawang Nigeria. Tapi sayang tak berbuah gol. Selepas turun minum, Nigeria mencoba menarik Victor Moses dan memasukan Shoela Amoebi. Masuknya Amoebi memberi Iran kekuatan di lini tengah, yang semula mereka memakai 4-3-3 menjadi 4-4-2.  Lantas dominasi serangan Nigeria lebih terkonsentrasi pada serangan lewat umpan-umpan crossing dari area sayap.

Pada babak kedua, kendati kalah ball posession, dari segi peluang yang didapat Iran unggul jauh ketimbang Nigeria. 7 attempmpt berhasil mereka ciptakan. Sampai wasit meniup peluit tanda babak kedua usai, skor masih tetap imbang 0-0.

report_Iran-nig

Komentar