[Match Report] Argentina 2 vs 1 Bosnia Herzegovina

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Argentina 2 vs 1 Bosnia Herzegovina

Langkah mulus Argentina untuk bermain di laga final yang akan diselenggarakan di Stadion Maracana terjadi di Stadion Maracana, dini hari tadi. Argentina mampu menang tipis 2-1 atas Bosnia-Herzegovina pada pertandingan perdana Grup F. Anak asuh Allejandro Sabella ini mampu unggul cepat saat pertandingan baru memasuki menit ketiga. Bek Bosnia-Herzegovina, Sead Kolasinac, melakukan gol bunuh diri setelah bola freekick yang ditendang Lionel Messi mampu disundul oleh Marcos Rojo, Kolosiac yang panik malah menendang bola itu ke sudut kiri bawah gawangnya sendiri.

Tertinggal 1-0 tak membuat Bosnia panik, malah berawal dari serangan balik, Izet Hajrovic hampir saja menyamakan kedudukan jika bola tendangannya dari luar kotak penalti tidak dapat ditepis oleh kiper Argentina, Sergio Romero, pada menit ke-15. Argentina sendiri sebenarnya bermain monoton, pola 5-3-2 yang dipakai Sabella membuat Les Albiceleste menumpuk banyak pemain di lini belakang. Imbasnya ada kerenggangan cukup jauh antara barisan tengah dan depan Argentina. Terlihat sesekali Aguero dan Messi mesti turun ke belakang untuk meminta bola pada rekannya.

Di babak pertama kedua striker ini hanya membuat dua shoot off target. Dominasi serangan Argentina lebih dilakukan lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Seperti yang dilakukan Javier Mascherano pada menit 35, beruntung bola masih dapat ditepis oleh kiper Bosnia-Herzegovina, Asmir Begovic.

Selepas turun minum, pelatih Sabella memasukan Gonzalo Higuain dan Fernando Gago. Alhasil formasi Argentina pun berubah menjadi 4-3-3. Formasi ini adalah pola yang akrab bagi skuat Argentina, entah itu di timnas maupun di klub. Alhasil Argentina lebih bermain aktraktif ketimbang seperti babak pertama. Dan benar saja, pada menit 65, Messi mampu mencetak gol lewat skema yang cukup menarik.

Sebelum mampu menggiring bola dan melepas tembakan ke arah kiper. Higuain dan Aguero terlebih dahulu menarik empat bek sekaligus untuk menjauh dari Messi. Alhasil Messi pun memiliki area ruang tembak yang cukup luas. Bagi Messi, gol ini adalah gol kedua yang dia cetak dalam ajang Piala Dunia sepanjang karirnya. Bagi Messi, itu adalah gol keduanya di putaran final Piala Dunia. Ia terakhir kali menyumbang gol saat mengalahkan Serbia dan Montenegro 6-0 pada penyisihan Grup C Piala Dunia 2006.

Bosnia sendiri akhirnya merubah taktik dengan memaikan dua striker, duet Edin Dzeko dan Vedad Ibisevic. Pergantian ini memang cukup telat, namun masuknya Ibisevic membuat Bosnia bermain lebih menyerang. Alhasil Empat menit sebelum laga usai Vedad Ibisevic sukses memperkecil ketertinggalan setelah bola tendangannya ditepis kiper Argentina, Romero. Skor 2-1 untuk Argentina bertahan hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

match-report-ARG---BOS

Komentar