[Match Report] Chile 3 vs 1 Australia

Piala Dunia

by redaksi

[Match Report] Chile 3 vs 1 Australia

Chile kini duduk manis di posisi kedua Grup B bersama Belanda, setelah berhasil mengalahkan Australia dengan skor cukup telak 3-1 dalam laga di Arena Pantanal, Cuiaba, Sabtu (14/6) pagi. Dalam laga itu, gol Chile dicetak lewat Alexis Sanchez, Jorge Valdivia dan Jean Beausajor. Sedangkan Satu-satunya gol balasan yang dibuat Australia dicetak Tim Cahill pada babak kedua.

Dalam laga ini, Baru pertandingan berjalan 14 menit Chile sudah unggul 2-0 lewat dua gol ceoat yang bersarang di gawang Matthew Ryan. Gol pertama terjadi pada menit 12 setelah Charles Aranguiz memberikan umpan crossing ke dalam kotak pinalti dan membuat kemelut terjadi di sana. Striker Eduardo Vargas kemudian membelokan bola ke tiang jauh. Bola liar yang mengarah ke Alexis mampu dimanfaatkan dengan baik dan tak bisa diantisipasi kiper Australia.

Dua menit berselang, giliran Valdivia yang mampu gol indah lewat sepakan jarak jauh di luar kotak pinalti. Gol ini bermula setelah Valdivia yang datang dari belakang secara tiba-tiba mendapat umpan manis dari Sanchez yang sebelumnya meliuk-liuk depan kotak pinalti lawan. Tanpa penjagaan dan ruang tembak yang kosong Valdivia tanpa ampun mengarahkannya ke pojok kiri gawang Australia.

Tertinggal 2 gol membuat Australia lebih bermain berani untuk menyerang. Di laga ini Australia sebenarnya tak memakai penyerang murni, ujung tombak mereka Tim Cahill adalah seorang gelandang dan dia memang lebih banyak mundur ke tengah ketimbang naik ke depan. Karena itu saat menyerang Australia selalu terlihat seolah bingung kemana bola mau diarahkan.

Alhasil satu-satunya jalan adalah tembakan-tembakan jarak jauh yang dilakukan para gelandang seperti Tommy Oar, Mark Bresciano dan Leckie. Pada menit 35, Australia memperkecil kedudukan setelah umpan silang Ivan Franjic di sayap kanan disambut Tim Cahill dan menggetarkan gawang Claudio Bravo. Skor 2-1 bertahan hingga wasit menup peluit pertanda babak pertama usai.

Di babak kedua, Australia sebenarnya mampu menyamakan kedudukan lewat sundulan Cahill menit ke-53, sayang wasit tak menganggapnya gol lantaran Cahill terjebak offside. Selang tiga menit kemudian Australia nyaris menyamakan skor tiga menit lewat tendangan first time  Mark Bresciano memanfaatkan umpan silang Jason Davidson dari sisi kiri.

Australia lebih menyerang ketimbang seperti babak pertama. Namun sayang, keasyikan menyerang membuat mereka lupa lini pertahanan. Pada menit injury time, Chile mampu memperpanjang skor jadi 3-1. Gol berawal dari tembakan Mauricio Pinilla yang mampu diblock kiper Australia, Beausejour yang menerima bola rebound tanpa ampun menendang sepakan diagonal dan tak mampu dijangkau kiper. Sampai pertandingan usai, skor tetap 3-1 untuk keunggulan Chile.(wam)

match-report-CIL--AUS

Komentar