[Key Player] "Saint" Iker Sang Penyelamat

Piala Dunia

by redaksi

[Key Player]

Tim nasional Spanyol pada Piala Dunia 2014 kali ini merupakan tim nasional yang memiliki skuat paling berpengalaman dibandingkan dengan tim-tim lainnya. Hanya terdapat 5 pemain Spanyol yang baru pertama kali masuk ke skuad Spanyol dalam turnamen besar seperti Piala Dunia atau Piala Eropa. Sisanya adalah pemain-pemain yang telah mengenakan kostum Spanyol sejak Piala Eropa dan Piala Dunia lalu.

Pemain yang memiliki caps paling banyak di tim ini adalah Iker Casillas. Kiper Real Madrid ini telah mengkoleksi 154 pertandingan bersama Spanyol. Dengan jumlah ini, Casillas juga menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang sejarah tim nasional Spanyol. Debutnya bersama tim Spanyol berlangsung pada tangal 3 Juni 2000. Ketika itu tim nasional Spanyol menjalani pertandingan persahabatan melawan Swedia.

Kini Casillas telah berusia 33 tahun. Usia yang tidak muda lagi bagi pemain sepakbola. Namun peran Iker Casillas di La Furia Roja tidak dapat dibilang sudah meredup. Casillas yang dipercayakan untuk mengenakan ban kapten memiliki pengaruh yang besar bagi permainan tim nasional Spanyol. Kemampuan Casillas dalam memberikan komando kepada rekan-rekannya terutama di barisan pertahanan membuat gawang Spanyol selalu aman di sepanjang pertandingan.

Hal ini terbukti saat Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 lalu hingga babak final gawang Spanyol hanya kemasukan 2 gol. Bahkan pada Euro 2012, kondisi gawang Spanyol yang sangat aman semakin mengokohkan superioritas Spanyol ketika itu. Sepanjang turnamen, Casillas hanya 1 kali memungut bola dari dalam gawangnya.

Spanyol memang memiliki segudang kiper berkualitas saat ini. Selain Casillas, masih ada kiper senior lainnya, Pepe  Reina. Selain Reina masih ada kiper muda David De Gea yang juga memiliki kemampuan yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Pada Dasarnya siapapun kiper yang dipasang oleh Del Bosque saat pertandingan nanti tidak akan memberikan perbedaan yang mencolok. Hanya saja kepemimpinan Casillas di lapangan memberikan nilai lebih tersendiri yang membuat Casillas menjadi pilihan utama Del Bosque.

cass

Komentar