Mencari Pengganti Paul Gurita

Cerita

by redaksi

Mencari Pengganti Paul Gurita

Namanya mendadak terkenal selama gelaran Piala Dunia 2010 karena berhasil menebak pemenang 12 dari 14 pertandingan dengan benar. Termasuk diantaranya 13 pertandingan tim nasional Jerman dan partai final antara Spanyol melawan Belanda. Penggemarnya menyebar di seluruh dunia, dan menempatkannya sebagai salah satu hewan paling terkenal di muka bumi.

Sebagai gurita biasa yang tak luput dari kesalahan, Paul juga pernah salah menebak pertandingan antara Kroasia dan Spanyol. Hidup di sebuah tangki akuarum di Jerman membuat banyak orang menganggap dirinya terlalu mendukung negara yang memeliharanya tersebut.

Namun  faktanya, Paul lebih memilih Spanyol daripada Jerman saat pertandingan semifinal dan ternyata benar. Ancaman pembunuhan kemudian muncul dari berbagai pendukung tim Panser, tentu dengan nada candaan bahwa Paul akan dimasak untuk mengobati kekecewaan gagal tampil di final kala itu.

Bermaksud membela si gurita, Zapato perdana mentri Spanyol bahkan berujar ingin menyelamatkan Paul dengan mengirimkan “tim rescue”. Betapa berharganya kehidupannya kala itu, sampai seluruh beritanya menjadi perhatian para tokoh.

[video id="Ya85knuDzp8" site="youtube"][/video]

Paul menebak dengan cara memilih 2 kotak bergambar negara berisi makanan. Kotak bening pertama yang dibuka berarti itulah yang akan menjadi pemenang. Berbagai teori konspirasi muncul, ada yang menganggap kualitas makanan yang ada berbeda sehingga si gurita akan memilih makanan yang paling “enak. Ada juga yang mengatakan bahwa ini cara pihak akuarium sengaja mengganggu mental lawan hingga mencari sensasi semata.

Namun, kini namanya tinggal kenangan. Karena pada Oktober 2010, Paul mati di akuarium tempat tinggalnya. Tak perlu tim investigasi untuk menyelidiki kematianya, karena faktanya seekor gurita memang tak mempunyai masa hidup yang lama.

Kesuksesan karir Paul sebagai juru ramal pertandingan membuat banyak pihak menirunya, entah seberapa sukses para hewan ini akan menyamai kemampuan Paul. Tetapi paling tidak sosoknya kini telah menjadi legenda gurita seluruh dunia.

Sebagai debutan para hewan ini ternyata tak buruk-buruk amat.

Nelly si Gajah

Seekor gajah Afrika yang hidup di sebuah taman satwa di Jerman akan diproyeksikan menggantikan Paul. Catatan prestasinya adalah menebak secara benar 30 dari 33 pertandingan Piala Dunia Wanita.

[video id="F4b1zIn42HA" site="youtube"][/video]

Shaheen si Unta

Tak punya catatan yang sudah terbukti benar, kemampuannya masih diragukan. Shaheen menebak tuan rumah Brasil akan kalah pada partai pembuka melawan Kroasia dan Portugal akan mengalahkan Jerman. Sebuah prediksi yang mengejutkan memang, jika benar namanya pasti melambung. Tetapi jika ternyata salah, karirnya akan hancur sebelum mencapai puncak.

[video id="qtP8_GOPoaA" site="youtube"][/video]

Panda China

Hewan yang terancam punah ini juga akan ikut serta meramaikan Piala Dunia 2014 nanti. Pusat perlindungan dan penelitian Panda di Sichuan telah menyiapkan dua ekor hewan lucu ini. Caranya adalah dengan memilih tiga keranjang yang berisi makanan untuk prediksi pemenang dan hasil imbang.

[video id="UEH-qLtYqxc" site="youtube"][/video]

Izzy  si Ocelot

Kali ini hewan asli tuan rumah Brasil yang akan unjuk gigi, meski tinggal di kebun binatang Franklin Park Boston. Untuk melihat prediksinya anda dapat mengikuti di Twitter https://twitter.com/IzzyPicks" target="_blank">@IzzyPicks .



Isidoro the ocelot selected to predict the 2014 World Cup from PRI's The World on Vimeo.

(amp)

Komentar