Super Striker Kevin Phillips Gantung Sepatu

Cerita

by redaksi

Super Striker Kevin Phillips Gantung Sepatu

Namanya akrab di telinga penikmat Liga Inggris pada periode 2000-an, meski dirinya tak pernah membela tim besar sekalipun. Kini setelah lebih dari 20 tahun berkarir ia memutuskan pensiun sebagai seorang pemain.

Mulai berlatih sepakbola di akademi Southampton dirinya sempat dianggap bertubuh terlalu kecil  untuk bermain sebagai striker. Sehingga ia lebih sering dipasang di posisi bek kanan.

Tak mampu meyakinkan Chris Nicholl manajer Southampton kala itu, Phillips kemudian dilepas, karirnya sempat turun dan akhirnya membela klub kecil Baldock Town.

Perlahan namun pasti permainannya mulai meningkat dan sempat dilirik oleh Watford. Tiga musim kemudian ia pindah ke Sunderland dan menjadi salah satu pemain legenda mereka.

Phillips kemudian mencetak 35 gol dalam satu musim, mengalahkan rekor milik Brian Clough pada 1961/1962 dengan total 30 gol.  Bersama The Black Cats ia telah bermain sebanyak 208 kali dan melesakkan 118 gol dari tahun 1997 hingga 2003.

Turut andil dalam mempromosikan Sunderland ke Liga Primer, Phillips  dipanggil pelatih Kevin Keegan ke timnas Inggris. Namun karir internasionalnya tidak terlalu cemerlang dan lebih sering menghangatkan bangku cadangan.

Petualangannya kemudian berlanjut ke klub - klub kecil lainnya seperti Southampton, Aston Villa, WBA, Birmingham, Blackpool, hingga Crystal Palace.

Kini ia memutuskan gantung sepatu bersama Leicester City setelah membawa The Foxes promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris. Superhero.

[video id="ohbNlp3V77o" site="youtube"][/video]

(amp)

Komentar