Xabi: Ini Kesempatan Terakhir Kami di Piala Dunia

Berita

by redaksi

Xabi: Ini Kesempatan Terakhir Kami di Piala Dunia

Gelandang Spanyol, Xabi Alonso, merasa timnya berada dalam suasana yang kondusif jelang pertandingan menghadapi El Salvador, Sabtu (7/6) petang. Pertandingan yang dihelat di Washington DC tersebut memang memberikan kepercayaan diri bagi Spanyol. Mereka menang lewat dua gol David Villa pada menit ke-60 dan ke-87.

Pertandingan menghadapi El Salvador merupakan pertandingan penting sebagai tes terakhir jelang keberangkatan mereka ke Brasil. Di partai pertama Piala Dunia, mereka akan menghadapi Belanda yang merupakan lawan yang tangguh. Hasil menghadapi El Salvador diharapkan dapat menaikan moral dan mental La Furia Roja.

“Ini adalah pertandingan yang akan kami hadapi secara serius dan kami menaruh rasa hormat terhadap lawan kami. Ini adalah pertandingan persahabatan, tetapi menjadi penting dan di benak kami selalu terbersit pertandingan pertama menghadapi Belanda, di Brasil. Saya yakin, pelatih akan mengutak atik beberapa hal, yang tidak bisa dilakukannya saat pertandingan menghadai Bolivia (beberapa waktu lalu).”

Berdasarkan laporan dari sejumlah media, Xabi akan memutuskan pensiun dari timnas Spanyol usai Piala Dunia. Meski begitu, ia belum memutuskan secara resmi tentang bagaimana masa depannya di timnas Spanyol.

“Aku belum memutuskan apapun. Fokus saya saat ini adalah Piala Dunia. Apa yang akan terjadi setelahnya tinggal lihat waktu saja. Sekarang, itu (pensiun dari timnas) bukanlah hal yang sedang saya pikirkan sekarang,” tutur Xabi.

Datang ke Brasil, Spanyol mendapatkan tekanan ekstra. Sebagai juara pada 2010, mereka diharapkan mampu untuk kembali mengangkat trofi di Brasil. Xabi menyatakan, rekan-rekannya sadar bahwa mereka bisa mencapainya.

“Jelas, kami tahu telah melakukan yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir, menjuarai dua Piala Eropa dan Piala Dunia. Kami tidak berfikir ini akan menjadi akhir dari kejayaan Spanyol. Kami menghadapi tantangan besar untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dalam sejarah sepakbola.”

Ketika ditanya apa yang mendasari para pemain akan tampil lebih baik dalam meraih trofi, Xabi menjawab, “Bagi beberapa dari kami, ini merupakan kesempatan terakhir kami untuk bermain di Piala Dunia. Kami tahu tidak akan mudah untuk menang, tapi itulah yang akan terus kami perjuangkan,” tuturnya.

Skuat Spanyol saat ini tidak bisa dibilang sebagai skuat muda. Rataan usia mereka sekitar 27 tahun. Tapi para pemain yang sering masuk line up telah memasuki kepala tiga. Kiper Iker Casillas sudah berusia 33 tahun. Xavi Hernandez 34 tahun, Iniesta 30 tahun,David Villa 32 tahun, dan Fernando Torres 30 tahun.

Xabi sendiri di Piala Dunia 2014 ini memasuki usia 32 tahun. Secara fisik sebenarnya mereka masih mampu bersaing di level liga. Tapi penurunan kondisi tersebut akan terlihat kala mereka menghadapi lawan yang lebih muda dan bermain lebih ngotot. Terlebih, Spanyol identik dengan permainan cepat yang mengandalkan stamina ketika melakukan transisi saat bertahan maupun menyerang.

Patut ditunggu kiprah Spanyol di Piala Dunia 2104 yang mungkin saja menjadi Piala Dunia terakhir bagi sejumlah pemain bintang mereka.

Sumber gambar: losderoja.wordpress.com

[fva]

Komentar