Semen Padang: Tak Banyak Berubah, Marcel Silva Kembali Jadi Tumpuan

Taktik

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Semen Padang: Tak Banyak Berubah, Marcel Silva Kembali Jadi Tumpuan

Semen Padang menyambut gelaran Liga 1 2017 dengan kondisi yang cukup positif. Keberhasilan mencapai babak semi-final pada Piala Presiden 2017 dan hasil-hasil yang cukup baik pada laga uji tanding menjadi modal mereka untuk menjalani Liga 1. Jika sang pelatih, Nil Maizar, dapat meramu skuatnya dengan baik, mereka tentu patut diperhitungkan.

Raihan peringkat kedelapan pada ajang Indonesia Soccer Championship A 2016 lalu tentu ingin diperbaiki oleh Hengki Ardiles dkk. Dengan komposisi skuat yang tidak jauh berbeda dengan ISC A dan masih diperkuat oleh sang ujung tombak, Marcel Silva Sacramento, Semen Padang patut diwaspadai oleh kesebelasan lainnya di Liga 1 yang akan digelar 15 April 2017 mendatang.

Keangkeran kandang mereka, Stadion H. Agus Salim, sepertinya juga akan kembali menjadi momok menakutkan bagi para lawan. Pada ISC A 2016 lalu, Semen Padang hanya menderita satu kekalahan saja di kandang mereka.

Komposisi Skuat

Dalam rangka menghadapi gelaran Liga 1, Semen Padang tidak terlalu banyak mengubah komposisi skuat mereka. Nama-nama lama yang sudah memperkuat mereka sejak ajang Indonesia Soccer Championship A masih menghuni skuat kesebelasan asuhan Nil Maizar ini.

Di deretan nama-nama pemain lokal, masih terdapat Jandia Eka Putra, sang kapten, Hengki Ardiles, Irsyad Maulana dan Vendry Mofu yang menjadi tumpuan utama Semen Padang. Sementara itu, untuk urusan pemain asing, dua pemain asal Brasil yaitu Cassio Fransisco de Jesus dan Marcel Silva Sacramento juga masih dipertahankan.

Untuk daftar pemain baru didatangkan berdasarkan kebutuhan tim, seperti Tambun Naibaho dan Muhammad Ridwan. Keduanya direkrut untuk menggantikan posisi pemain yang hengkang seperti Muhammad Nur Iskandar dan Rivki Mokodompit. Sedangkan untuk mengisi satu slot pemain asing dari Asia, Semen Padang mendatangkan Ko Jae-sung. Ia merupakan gelandang asal Korea Selatan yang sudah malang-melintang di sepakbola negerinya sendiri.

Tidak banyaknya perubahan dalam skuat termasuk dari sisi pelatih juga, bisa menjadi jaminan bahwa kekompakan yang dimiliki oleh Semen Padang tentu sudah semakin terjalin di antara para pemain. Perpaduan para pemain lama dengan pemain asing dan pemain muda untuk memenuhi regulasi Liga 1 sudah cukup baik. Kekompakan dan kualitas skuat anak asuh Nil Maizar ini pun sudah terlihat ketika mereka sempat tampil sempurna pada babak grup di ajang pra musim, Piala Presiden 2017.

Tetapi Nil Maizar juga harus bisa mengantisipasi kemungkinan permasalahan yang akan dihadapi oleh Semen Padang jika sang penyerang, Marcel Sacramento, tidak bermain. Tidak adanya pelapis berkualitas tentu menjadi salah satu penyebabnya. Praktis untuk posisi penyerang selain Marcel, Semen Padang hanya bisa mengandalkan pemain muda, Syamsul Bahri dan pemain baru, Tambun Naibaho.

Pemain Andalan: Marcel Silva Sacramento

Publik Stadion Haji Agus Salim mempunyai idola baru sejak gelaran Indonesia Soccer Championship A 2016 lalu. Ia adalah Marcel Silva Sacramento. Pemain asal Brasil ini langsung bisa menarik perhatian para pendukung Semen Padang dengan penampilan yang sangat gemilang.

Pada musim pertamanya berlaga di Liga Indonesia ini, Marcel langsung bisa nyetel dengan taktik yang digunakan oleh pelatih Semen Padang, Nil Maizar. Ia menjadi tumpuan utama Kabau Sirah dalam mengobrak-abrik lini pertahanan lawan.

Ia bahkan mampu menjadi pencetak gol kedua terbanyak di ISC A dengan 21 gol. Hanya selisih empat gol saja dari penyerang Sriwijaya FC, Alberto “Beto” Goncalves yang menjadi top skor dengan torehan 25 gol. Ia mampu mengungguli para penyerang papan atas Indonesia yang sudah berpengalaman bermain di Liga seperti Cristian Gonzales dan Boaz Solossa.

Ketajaman yang ditunjukkan Marcel pada ISC A, kembali ditunjukkannya di ajang pra musim. Tepatnya pada ajang Piala Presiden 2017 lalu. Ia berhasil membawa Semen Padang melaju hingga babak semi-final dengan gol-golnya.

Pada ajang ini, ia yang awalnya sempat nyaman berada sebagai pemuncak daftar top skor, harus merelakan tempatnya kepada Cristian Gonzalez. Sebanyak enam gol dibukukan Marcel, ditambah dengan empat asis yang juga dicatatkannya di Piala Presiden 2017.

Menilik kemampuan yang dimilikinya ini, Marcel tentu akan menjadi pemain andalan Semen Padang dalam mengarungi gelaran Liga 1 2017 mendatang. Ketajamannya di depan gawang sudah teruji. Bukan hanya pada satu kompetisi saja, melainkan pada dua kompetisi.

Keberadaan Marcel di dalam skuat Semen Padang ini tentu menjadi sinyal berbahaya bagi lawan-lawan mereka di Liga 1 nanti. Perhatian serius seharusnya diberikan kepada pemain ini, jika tidak ingin gawang mereka berada dalam keadaan yang berbahaya.

Komentar