Wijnaldum Bisa Menjadi Aset Penting untuk Liverpool

Taktik

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Wijnaldum Bisa Menjadi Aset Penting untuk Liverpool

Georginio Wijnaldum resmi berseragam Liverpool. Biaya sebesar 23 juta pounds menjadi biaya yang harus dibayar Liverpool untuk mengangkut gelandang timnas Belanda ini dari Newcastle United. Wijnaldum menjadi rekrutan The Reds yang cukup besar musim ini setelah mereka mendatangkan Sadio Mane, Joel Matip, Loris Karius, Alex Manninger, Marko Grujic, dan Ragnar Klavan.

Datangnya Wijnaldum ini tentunya akan menimbulkan sebuah pertanyaan, seperti umumnya pemain-pemain baru yang didatangkan oleh sebuah klub. Di posisi manakah ia akan bermain?

Jika melihat posisi aslinya, ia adalah seorang gelandang serang. Namun, bukankah untuk posisi itu Liverpool sudah membeli Sadio Mane dari Southampton? Akankah terjadi persaingan antara Wijnaldum dan Mane? Belum laga Adam Lallana, Philippe Coutinho, dan Roberto Firmino pun bermain di posisi yang sama.

Tapi pendukung Liverpool tidak perlu khawatir. Wijnaldum memiliki sebuah keunggulan yang mungkin tidak dimiliki oleh pemain Liverpool lain, yaitu kemampuan versatile, mampu ditempatkan dalam berbagai posisi di lini tengah. Inilah yang dapat menjadi modal Juergen Klopp dalam menyusun strategi yang akan ia terapkan musim depan di Liverpool.

Juergen Klopp biasanya menggunakan formasi dasar 4-2-3-1 ataupun 4-3-3, dengan pressing ketat kepada pemain lawan. Versatility Wijnaldum dapat dimanfaatkan oleh Klopp jikalau suatu waktu ada pemain intinya yang cedera dan tidak memiliki pengganti di posisi yang sama. Hal itulah yang dinilai menjadi kesulitan Liverpool untuk bersaing dengan tim-tim lain dalam ajang Liga Primer Inggris musim lalu.

Dalam formasi dasar 4-3-3, Wijnaldum dapat menjadi gelandang tengah yang diberikan peran sebagai gelandang box-to-box. Dengan staminanya yang cukup baik ia bisa menjelajah lapangan, dari kotak penalti lawan ke kotak penalti tim sendiri, untuk membantu tim baik itu ketika menyerang maupun bertahan.

Lalu, dalam formasi dasar 4-2-3-1, ia bisa ditempatkan dalam berbagai tiga posisi gelandang serang di depan, baik itu di kanan, kiri, dan tengah. Meski memang posisi aslinya adalah gelandang serang tengah, namun, ia juga tidak buruk ketika ditempatkan sebagai gelandang kiri maupun kanan. Ini tentunya akan menjadi sebuah nilai plus Liverpool untuk serangan Liverpool.

Kombinasi Wijnaldum dan Mane yang dua-duanya memiliki kemampuan untuk menusuk masuk dalam kotak penalti akan membuat serangan Liverpool lebih tidak terprediksi. Dipadukan dengan kemampuan Phillipe Coutinho yang juga mampu menusuk ke tengah, maka serangan Liverpool akan jauh lebih berbahaya dan cepat. Belum lagi ditambah dengan kemampuan Grujic yang mampu mengatur tempo.

Apalagi, Wijnaldum memiliki catatan yang cukup apik bersama Newcastle United musim lalu. Torehan 11 gol dari 38 penampilannya bersama Newcastle mengindikasikan juga bahwa dirinya memiliki insting yang baik dalam mencetak gol. Jika dipadukan dengan kemampuan Roberto Firmino, Daniel Sturridge, ataupun Divock Origi yang mampu membuka ruang, maka Wijnaldum mampu mengisi second line untuk kemudian membuat gol.

Pemain yang mulai terkenal setelah tampil apik bersama timnas Belanda dalam ajang Piala Dunia 2014 ini dapat memberikan sebuah fleksibilitas dalam serangan Liverpool. Apalagi dengan kemampuan versatile-nya seperti yang disebutkan di atas, ia akan menjadi aset yang cukup berarti bagi Liverpool.

Namun, ada hal lain yang lebih menarik untuk dinantikan. Pembelian Wijnaldum ini tentunya menambah stok gelandang Liverpool. Dalam tubuh The Reds kali ini, banyak nama-nama gelandang yang memiliki kemampuan baik seperti Adam Lallana, James Milner, Jordan Henderson, Lucas Leiva, Joe Allen (kedua nama terakhir digosipkan akan meninggalkan The Reds) dan juga nama-nama yang sudah mencuat di atas seperti Roberto Firmino, Phillipe Coutinho, Sadio Mane, Marko Grujic,

Menarik untuk melihat seperti apa Klopp meracik serangannya nanti dengan kedatangan Wijnaldum yang lebih versatile ini. Setidaknya, dengan kemampuan Wijnaldum yang sudah tampak menjanjikan bersama timnas Belanda pada Piala Dunia 2014 nanti dan juga bersama Newcastle United musim lalu membuat uang 23 juta pounds akan menjadi investasi yang baik bagi mereka.

Itu pun dengan catatan kalau Wijnaldum mampu langsung nyetel dengan gaya gegenpressing a la Juergen Klopp yang mengedepankan stamina yang fit. Oleh karenanya, Wijnaldum harus membuktikan diri kepada Klopp, bahwa uang 23 juta pounds yang mereka keluarkan setidaknya tidak akan menjadi sia-sia dan ia bisa memberikan trofi bagi The Reds, terutama trofi Liga Primer Inggris.

foto: Wikipedia

Komentar