Untuk Kalahkan Bournemouth, Arsenal Wajib Waspadai Simon Francis dan Andrew Surman

Taktik

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Untuk Kalahkan Bournemouth, Arsenal Wajib Waspadai Simon Francis dan Andrew Surman

Usai dikalahkan Southampton dengan skor telak 4-0, Arsenal tentunya bertekad kembali ke jalur kemenangan saat menghadapi AFC Bournemouth pada pekan ke-19 Liga Primer Inggris. Untuk bisa meraih penuh, tampaknya mereka harus menyoroti dua pemain andalan Bournemouth, yaitu Simon Francis dan Andrew Surman.

Francis adalah pemain bertahan Bournemouth yang biasa ditempatkan sebagai bek kanan tapi bisa juga dipasang sebagai bek tengah. Sementara Surman merupakan pemain yang ditempatkan di gelandang tengah. Keduanya merupakan sosok penting bagi lini pertahanan dan lini serang kesebelasan berjuluk The Cherries ini.

Francis dan Surman selalu dimainkan di setiap pertandingan Bournemouth pada musim ini sejak menit pertama. Lebih dari itu, keduanya selalu bermain penuh alias selalu bermain selama 90 menit di setiap 18 laga yang telah dilalui Bournemouth sepanjang musim ini.

Menghindari Francis dan Surman, Menyerang Lewat Sisi Kanan

Bagi pertahanan, Francis menjadi pemain yang selalu berusaha merebut bola. Total ia telah melakukan 69 tekel yang 51 di antaranya merupakan tekel berhasil. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di kubu Bournemouth. Bandingkan dengan sisi kiri Bournemouth yang ditempati Charlie Daniels. Hanya kalah satu pertandingan dari Francis, jumlah upaya tekel Daniels lebih sedikit dari tekel berhasil Francis, 45 kali. Meskipun begitu, hanya sembilan kali ia dilewati pemain lawan.

Selain itu, Francis juga merupakan pemain Bournemouth yang memiliki catatan intercept kedua terbanyak dengan 43 kali. Berada di urutan pertama bukan Daniels, melainkan Surman yang berposisi sebagai gelandang tengah dengan 47 kali. Untuk catatan intercept, Daniels berada di urutan kedelapan dengan total 19 intercept. Jumlah tersebut tentunya sangat jauh dengan catatan yang dimiliki oleh Francis.

Baca juga:

AFC Bournemouth: Dongeng, Kejutan, dan Kisah Lucu dari Pantai Selatan

Nasib AFC Bournemouth dan Kesebelasan Promosi Liga Inggris

Bournemouth Samai Rekor Everton dengan Mengalahkan Dua Anggota Big Four


Karena itu Arsenal harus menyerang lewat sisi kanan. Menyerang lewat kiri, berarti akan menghadapi Francis yang begitu agresif dalam melakukan tekel dan handal melakukan intercept. Sementara menyerang lewat kanan, berarti akan menghadapi Daniels yang lebih disiplin dalam melakukan tekel dan jarang melakukan intercept.

Bagaimana jika melalui tengah? Selain di lini tengah Bournemouth terdapat Surman, di sana juga terdapat Dan Gosling. Ia menjadi pemain dengan catatan tekel terbanyak kedua di bawah Francis dengan 61 kali. Keberhasilan tekelnya mungkin hanya sebanyak 34 kali, namun bersama Surman yang handal dalam melakukan intersep, kombinasi keduanya bisa jadi tembok kokoh di tengah.

Halaman berikutnya, Menekan Francis dan Surman, Menghentikan Aliran Serangan Bournemouth

Komentar