Siapakah yang Lebih Baik di Antara Mahrez dan Vardy?

Taktik

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Siapakah yang Lebih Baik di Antara Mahrez dan Vardy?

Leicester City membuat kejutan di Premier League musim ini. Memainkan 15 pertandingan, Leicester cuma menderita sekali kekalahan. Orang-orang pun yakin kalau The Foxes bakal menjadi kuda hitam Premier League. Bahkan, eks manajer Manchester United, Alex Ferguson berujar bahwa Leicester memilki peluang untuk juara di akhir musim.

Keberhasilan Leicester pun tak lepas dari dua nama: Jamie Vardy dan Riyad Mahrez. Tanpa mengecilkan kontribusi pemain lain misalnya N’Golo Kante, Christian Fuchs, dan Danny Drinkwater, performa kedua nama diatas memang lebih dominan. Keduanya pun sempat merasakan suramnya hidup. Bisa dibilang senasib seperjuangan.

Keduanya pun merupakan pilar penting bagi Leicester untuk mendulang gol. Vardy dengan 14 gol dan dua assist, serta Mahrez dengan 10 gol dan enam assist. Namun, jika keduanya dibandingkan, siapakah yang lebih baik. Mahrez ataukah Vardy?

Pertandingan melawan Swansea pun menjadi jawabannya. Seperti yang dilansir The Guardian, N’Golo Kante mengungkapkan bahwa Mahrez  adalah superstar yang sebenarnya. "Tanpa keraguan, saya pikir Mahrez adalah superstar yang sebenarnya dalam tim kami," jelas pemain asal Prancis itu setelah laga melawan Swansea.

Rutinnya Vardy mencetak gol tak bisa dilepaskan dari kecerdikan Mahrez dalam melepas umpan. Buktinya adalah tiga gol Vardy berasal dari assist yang dilepaskan oleh Mahrez, di antaranya ketika Leicester berhadapan dengan Southampton, Stoke City, dan Crystal Palace.

Meski jumlah golnya tak lebih banyak dari Vardy serta Romelu Lukaku, serta perolehan assist-nya yang tak lebih banyak dari Mesut Ozil, namun Mahrez patut mendapatkan penghormatan. Sebab, gelandang sayap serbabisa ini mencatatkan 10 gol dan enam assist.

Mahrez pun mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan kontribusi terhadap gol paling banyak di Premier League, dengan total 16 gol musim ini. Di atasnya, ada nama Pierre-Emerick Aubameyang (20), Neymar (19) dan Zlatan Ibrahimovic (18).

mahrez
Jika dilihat dari data Whoscored, Mahrez pun mencatat angka lebih baik dari Vardy dan rekan satu timnya. Akurasi umpan Mahrez ada di angka 73.9, lebih baik daripada Vardy yang hanya 65.9. Selain itu Mahrez juga mencatatkan umpan kunci lebih banyak dari pemain lain di skuat Leicester dengan 2.2 umpan kunci per pertandingan.

Jika berdasarkan data statistiknya belum menunjukkan kemampuannya. Marilah kita melihat rating Mahrez sejauh ini (meskipun rating tidak benar-benar menggambarkan permainan pemain), dimana ia mendapatkan rata-rata rating 8.33, terbilangjauh dibandingkan Vardy yang hanya mendapatkan 7.82.

Rasa-rasanya tak hanya The Guardian yang menganggap Mahrez sebagai pemain terbaik sejauh ini. Mungkin kita harus mengubah penilaian, bahwa pemain terbaik tak hanya dilihat dari jumlah gol, tapi juga yang memengaruhi hasil akhir pertandingan.

Sumber : The Guardian, Whoscored

Komentar