Apakah Tendangan Penalti Boleh Diumpan?

Taktik

by Ammar Mildandaru Pratama Pilihan

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@gmail.com

Apakah Tendangan Penalti Boleh Diumpan?

Tendangan penalti yang banyak diketahui orang adalah sang penendang langsung menembak bola ke gawang. Jika mengenai mistar atau dihalau kiper maka penendang tadi atau rekan lainnya dapat memanfaatkan bola muntah tersebut. Dengan catatan, ini hanya berlaku untuk hukuman penalti pada saat bermain normal atau bukan babak adu penalti.

Lalu bolehkah sebuah tendangan penalti tak ditembak langsung atau diumpan ke rekan setim?

Hal tersebut terjadi di Korea Selatan beberapa waktu lalu, yakni pada laga Jeonbuk Motors melawan Pohan Steelers. Leonardo yang menjadi eksekutor Jeonbuk tidak menendang bola langsung ke gawang, ia justru mengumpan ke rekannya Kaio Felipe. Karena kiper telah berhasil tertipu, maka dengan mudah Kaio mengeksekusinya hingga terjadi gol.

Berikut klipnya:





Cara seperti ini bukan yang pertama dilakukan, sebelumnya ada penalti Robert Pires yang diumpan ke Thierry Henry namun gagal. Sentuhannya terlalu pelan sehingga bola nyaris tak bergulir dari titik putih. Bahkan saat kejadian tersebut, Pires mendapat olok-olokan karena dianggap bertindak bodoh.


Jika mundur lagi ke belakang masih ada nama lagi terkenal yang juga menggunakan trik penalti ini, yakni Johan Cruyff dan Olsen saat bermain di Ajax Amsterdam. Untuk yang satu ini dilakukan dengan sangat tenang dan terencana dengan baik.



Menurut Laws of The Game FIFA, semua cara di atas sah-sah saja dilakukan. Karena aturan dasarnya adalah bola harus digulirkan ke depan mendekati gawang. Jika bola sudah ditendang, maka statusnya menjadi hidup (in play). Hal yang sama juga berlaku untuk tendangan bebas sebagai gambaran.

Yang dilarang adalah apabila penendang menyentuh bola lebih dari satu kali sebelum bola tersebut disentuh pemain lain atau tiang gawang. Seperti pada kasus Pires di atas, dimana wasit mengira pemain asal Perancis tersebut menyentuh bola dua kali walaupun tayangan ulang tidak demikian. Tendangan bebas tidak langsung kemudian diberikan kepada lawannya Man City.

Cara ini meski boleh dilakukan tetapi tidak kami rekomendasikan karena peluang mencetak gol justru lebih kecil. Karena pemain bola bisa saja direbut oleh bek lawan atau kiper akan punya waktu lebih menutup ruang tembak.


Law 14 - Penalty Kick

Procedure


  • After the players have taken positions in accordance with this Law, the referee signals for the penalty kick to be taken

  • The player taking the penalty kick must kick the ball forward

  • He must not play the ball again until it has touched another player

  • The ball is in play when it is kicked and moves forward


When a penalty kick is taken during the normal course of play, or time has been extended at half-time or full time to allow a penalty kick to be taken or retaken, a goal is awarded if, before passing between the goalposts and under the crossbar:

  • the ball touches either or both of the goalposts and/or the crossbar and/or the goalkeeper


The referee decides when a penalty kick has been completed.

Komentar