Tips Nutrisi Sepakbola dari Diego Forlán

Sains

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, master of sport science, bachelor of science (architecture actually), licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Tips Nutrisi Sepakbola dari Diego Forlán

Tidak banyak terdapat striker mematikan di dunia ini. Salah satunya adalah Diego Forlán yang berhasil menjadi pemenang dua kali Pichichi Trophy, dua kali Sepatu Emas Eropa, dan peraih Bola Emas di Piala Dunia 2010. Forlán adalah sosok yang lebih dari sekedar pencetak gol. Kekuatan kakinya yang tak kenal lelah mampu membantunya menggentayangi seisi lapangan selama 90 menit.

Striker berusia 35 tahun yang sekarang bermain untuk Cerezo Osaka di Liga Jepang ini memberikan tips kepada FourFourTwo Performance mengenai gizi dan nutrisi makanan selama 14 tahun ia berkarier di dunia sepakbola profesional. Selain itu, ahli gizi Matt Lovell juga menambahkan informasi berharga mengenai nutrisi yang tentunya dapat Anda aplikasikan sendiri.

Sarapan

Diego Forlán: Saya memulai hari dengan sepiring nanas. Saya suka makanan manis dan rasa manis bisa membangunkan saya. Lalu saya juga biasa memakan roti cokelat dengan mentega, diikuti oleh yoghurt. Kadang-kadang saya akan makan telur dadar dengan daging dan keju - Saya lebih suka putih telur daripada kuning telur. Untuk minum, mungkin saya akan memilih beberapa jus jeruk segar, dan itu sudah cukup untuk menjadi bahan bakar sebelum latihan.

Matt Lovell (ahli gizi Tottenham Hotspur dan tim rugbi Inggris): Nanas segar adalah makanan yang sangat baik untuk pesepakbola. Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim pencernaan yang dapat membantu pemain sembuh dari cedera dengan mengurangi peradangan. Telur dadar yang tinggi protein juga akan membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dari roti dan nanas yang Anda makan dan bisa membantu kadar gula darah Anda. Protein juga baik untuk memperbaiki otot.

Rekomendasi: Kita bisa memakan roti sebagai makanan ringan sebelum latihan. Roti cokelat akan memberikan karbohidrat, yang terurai menjadi glukosa, glukosa akan menjadi bahan bakar untuk otot dalam bekerja. Sebarkan selai atau madu pada roti panggang, yang akan meningkatkan kadar gula darah Anda dan mengisi glikogen di otot Anda. Bubur juga sama baiknya. Sementara untuk jus jeruk, direkomendasikan hanya segelas kecil karena sudah mengandung gula murni.

Makan Siang

Forlán: Setelah dua atau tiga jam latihan, saya akan langsung makan siang. Mungkin saya akan makan di kantin klub atau di sebuah restoran bersama teman atau keluarga. Saya cenderung akan memakan pasta atau nasi dan ayam. Mungkin saya akan memiliki spaghetti dengan minyak di atas dan dengan sedikit keju. Jika saya mengambil ayam, maka sebaiknya dipanggang dan jangan pernah digoreng. Itu jauh lebih baik untuk Anda.

Lovell: Pasta adalah makanan yang sangat cepat dicerna oleh tubuh Anda, yang akan mengisi energi Anda yang habis. Ayam juga sangat cepat dicerna dan akan memberikan protein bagi tubuh Anda, yang akan membantu memperbaiki otot setelah tubuh Anda "stres" selama latihan. Pemulihan adalah kuncinya.

Rekomendasi: Ada minuman yang mengandung karbohidrat dan protein, seperti susu cokelat. Ini akan membantu memperbaiki otot, pemulihan, dan pengisian bahan bakar. Disarankan juga untuk memakan salad hijau (sayur).

Snack Sore Hari

Forlán: Kemudian pada sore hari, biasanya saya akan menaruh beberapa buah-buahan seperti jeruk dan nanas ke dalam blender dan meminumnya sebagai jus (smoothie). Orang-orang gizi mengatakan bahwa Anda harus memiliki setidaknya lima porsi buah atau sayuran setiap hari. Saya pikir saya memiliki minimal 10! Mungkin saya akan memakan sandwich panggang juga atau beberapa sereal.

Lovell: Smoothie adalah minuman yang penuh vitamin dan anti-oksidan, yang akan membantu Anda lebih cepat pulih dan membantu tubuh Anda mempersiapkan diri untuk sesi latihan berikutnya atau pertandingan. Setelah bekerja keras di pagi hari, metabolisme akan bekerja lebih cepat dan kita butuh energi tambahan untuk mengisi bahan bakar tubuh.

Rekomendasi: Jika memadai, tambahkan satu sendok protein whey untuk smoothie yang akan membantu pemulihan. Asam amino dalam protein whey akan membantu dalam berbagai cara: khususnya, meningkatkan waktu pemulihan sehingga berikutnya Anda dapat latihan dengan tingkat yang lebih sulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga Anda tidak mudah sakit.

Makan Malam

Forlán: Saya akan makan makanan terakhir saya di malam hari. Di Manchester, orang makan makan malam pada pukul 5 atau 6. Di Madrid, mereka tidak pergi keluar untuk makan sampai pukul 11 di musim panas karena akan terlalu panas untuk keluar sebelum jam tersebut. Jika saya di rumah, maka saya akan makan di sekitar pukul 9, biasanya ikan dengan salad. Saya juga suka makan banyak tomat segar dan sayuran kukus. Saya tahu makanan yang saya makan adalah makanan yang sehat dan baik untuk tubuh saya, tapi saya benar-benar menikmati segala sesuatu yang saya makan. Dan tidak semua yang saya makan baik. Kadang-kadang, hanya kadang-kadang, saya akan memiliki beberapa dulce de leche (susu karamel). Untuk minuman, saya minum banyak air sepanjang hari untuk tetap menjaga tingkat hidrasi. Saya juga tidak pernah minum alkohol.

Lovell: Diego (Forlán) makan terlalu larut, yang sebenarnya tidak ideal. Tapi itu bisa diterima karena ikan mudah dan cepat dicerna, seperti sayuran. Makan ringan pada waktu ini adalah kunci, karena sesuatu yang berat akan membutuhkan waktu untuk dicerna dan menghambat pada hari berikutnya. Selain itu, tubuhnya tidak akan membakar bahan bakar selama semalam suntuk. Susu karamel dapat membantunya beristirahat dan bersantai dan mendapatkan tidur malam yang baik. Tidur sangat penting untuk pemulihan dan kinerja yang optimal.

Rekomendasi: Untuk makan malam ini sangat disarankan hidangan dengan ikan seperti ikan kod, dengan brokoli, kacang-kacangan dan tomat.

Sumber: FourFourTwo Performance

Komentar