Sains Menunjukkan Bahwa Menonton Sepakbola Itu Sehat

Sains

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, master of sport science, bachelor of science (architecture actually), licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Sains Menunjukkan Bahwa Menonton Sepakbola Itu Sehat

Akhir pekan ini saja ada jutaan orang di seluruh dunia yang menonton pertandingan sepakbola di stadion, di televisi, maupun melalui berbagai media di internet. Beberapa penelitian terbaru menyatakan bahwa menonton sepakbola memiliki kelebihan tak terduga yang positif bagi kesehatan Anda.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa menonton pertandingan bersama keluarga Anda bisa meningkatkan hubungan antar anggota keluarga.

"Banyak yang beranggapan bahwa ada banyak perbedaan pendapat yang bisa timbul selama Anda menghabiskan waktu menonton pertandingan olahraga. Tetapi bukti ilmiah justru menyatakan sebaliknya," kata Lawrence Wenner, seorang profesor dari Loyola Marymount University.

"Waktu yang wanita habiskan untuk menonton pertandingan olahraga bersama pacar atau suami adalah waktu yang berkualitas. Tidak peduli apakah ia secara fanatik menyukai olahraga atau tim tertentu, selama mereka berbagi waktu dengan salah satu minat, mereka adalah pasangan yang lebih suportif dan akan terhindar dari stres dan ketidakpuasan," lanjutnya.

Ia juga berkata bahwa hubungan (pernikahan, berpacaran, atau berkeluarga) yang baik akan membuat jantung Anda lebih sehat. Jantung yang sehat juga berarti bahwa umur hidup Anda akan menjadi lebih panjang.

Kemudian sebagai bonus: Jika tim yang Anda bela menang, itu akan meningkatkan hormon testosteron Anda. Ini berarti juga bahwa libido akan meningkat dan energi positif akan mengalir ke seluruh tubuh yang akan Anda bawa sampai Anda tidur (atau hal apapun yang akan Anda rencanakan untuk lakukan di ranjang menjelang tidur).

Sebagai tambahan, para peneliti di University of Western Sydney menyatakan bahwa ketika seseorang menonton pertandingan olahraga, denyut jantung dan irama nafas akan naik. Ini adalah hal yang bisa Anda dapatkan juga ketika Anda melakukan work out, meskipun tidak sepositif ketika work out tentunya.

Rata-rata orang bisa membakar banyak kalori saat menonton pertandingan olahraga. Ini juga berarti ketika Anda banyak menonton olahraga, Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit.

Keuntungan-keuntungan kesehatan di atas juga bisa ditambahkan lagi dengan keuntungan sosial. Menonton olahraga bersama rekan atau keluarga adalah hal yang penting yang harus rutin dan senantiasa kita lakukan seiring bertambahnya usia kita.

Hubungan sosial ini akan membantu kita tetap aktif, mengatasi stres, dan secara umum dapat membuat kita tetap sehat. Sebuah hubungan sosial yang kuat juga dapat mengurangi risiko penyakit karena membuat kita aktif, baik secara fisik maupun mental.

"Namun dengan catatan khusus, sebisa mungkin hindari merokok dan minum alkohol yang berlebihan saat melakukan kegiatan ini. Anda bisa mengganti itu semua dengan beberapa snack yang lebih sehat," tutup Wenner.

Mari budayakan menonton sepakbola yang sehat, dan semoga tim terbaik yang menang malam ini.

sumber gambar: corbisimages.com

Komentar