Pentingnya Humor dalam Latihan Sepakbola

Sains

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pentingnya Humor dalam Latihan Sepakbola

Humor memang menjadi satu hal yang penting dalam kehidupan manusia. Ditengah kesibukan kegiatan sehari-hari, setiap orang memerlukan humor agar terhindar dari stres. Humor akan membuat tubuh kembali rileks, sehingga dapat kembali bekerja dengan maksimal.

Hal ini tentu juga berlaku bagi para pemain sepakbola. Sama dengan para pekerja di bidang lain, pemain sepakbola juga memerlukan humor ditengah kesibukannya berlatih dan bertanding.

Namun, sebagian besar pelatih sepakbola masih enggan untuk memasukan humor ke dalam sesi latihannya. Takut kehilangan wibawa atau membuat para pemainnya menjadi kehilangan fokus menjadi salah satu alasan para pelatih tidak mau memasukan humor dalam latihan.

Tuntutan meraih prestasi setinggi mungkin, memang membuat para pelatih benar-benar harus mencari metode pelatihan terbaik agar pemainnya mampu berkembang. Lelucon di dalam latihan dianggap sebagai sesuatu hal yang tidak memberikan nilai tambah bagi para pemain. Bahkan mungkin justru masih dianggap sebagai pengganggu yang harus dihilangkan.

Lars Tore Ronglan, seorang peneliti dari Norwegian School of Sport Science, melakukan penelitian yang justru bertentangan dengan hal ini. Penelitian yang baru dipublikasikan tahun 2014 ini justru menunjukan bagaimana humor sangat berguna dalam perkembangan para pemain saat latihan.

Terdapat banyak manfaat dari humor jika dimasukan ke program latihan sebuah tim. Yang pertama disebutkan bahwa humor adalah sebuah penyeimbang. Maksudnya adalah humor menyeimbangkan hubungan antara pelatih dan pemain. Hubungan antar pelatih dan pemain menjadi tidak terlalu kaku, namun juga tetap ada rasa hormat dari pemain ke pelatih.

Selain itu, humor juga akan meningkatkan rasa kedekatan antar pemain di dalam tim. Dengan saling berbagi tawa, setiap pemain akan merasa lebih akrab sehingga memiliki ikatan yang lebih kuat.

Manfaat lainnya adalah tentu saja humor membuat pemain terhindar dari stres. Ronglan melihat bahwa tim yang menggunakan humor dalam sesi latihannya akan memiliki pemain-pemain dengan tingkat stres lebih rendah. Kehidupan monoton yang dijalani para pemain akan menjadi lebih menyenangkan dengan adanya humor di sesi latihan mereka.

Satu hal lain yang tidak kalah penting dari manfaat humor adalah membuat para pemain mampu menangkap instruksi lebih mudah. Kekhawatiran para pelatih soal pemain menjadi tidak fokus jika ada humor di sesi latihan ternyata tidak tepat. Para pemain justru akan lebih mudah menangkap semua instruksi jika disampaikan dengan campuran humor.

Namun memang apa yang dikhawatirkan para pelatih soal bahaya humor di sesi latihan tidak semuanya salah. Terlalu banyak humor juga akan membuat latihan tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Karena itulah Ronglan menjelaskan bahwa ada satu batas yang jelas antara ‘tertawa bersama’ dengan ‘ditertawakan’. Pelatih harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melepaskan humor dan kapan waktu yang tepat untuk berlaku serius. Dengan begitu latihan akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Di dunia sepakbola profesional kita mengenal beberapa pemain  yang sering berbuat konyol. Beberapa nama seperti Mario Balotelli, David Luiz, serta beberapa pemain lainnya sering tertangkap kamera ketika berbuat konyol saat sesi latihan.

Pemain tipikal seperti ini juga disebutkan penting keberadaannya dalam satu tim. Setidaknya sebuah tim harus memiliki satu atau dua pemain yang mampu mencairkan suasana.

Komentar