Memilih Antara Sports Drink atau Air Putih

Sains

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Memilih Antara Sports Drink atau Air Putih

Kita semua tentu tahu bahwa air merupakan hal yang penting ketika berolahraga. Tubuh akan mengeluarkan banyak cairan akibat aktivitas fisik yang kita lakukan. Maka dari itu, kita harus mengganti cairan yang dikeluarkan tubuh tersebut dengan cairan baru agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Namun saat ini kita ditawarkan oleh berbagai jenis minuman yang dikatakan baik dikonsumsi ketika berolahraga. Dengan berlabel sports drink, minuman ini menjanjikan akan memberikan energi lebih serta mampu dengan cepat memenuhi cairan tubuh setelah berolahraga.

Dari sini banyak yang akan bertanya-tanya, apakah baik meminum sports drink ketika berolahraga? Atau tetap meminum air putih?

Untuk sebagian besar kasus, air putih tetap merupakan minuman yang paling baik untuk dikonsumsi saat berolahraga. Air putih sudah sangat mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat olahraga. Bahkan air putih juga memberikan beberapa manfaat selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Salah satunya adalah air putih mampu meningkatkan tingkat konsentrasi dan mental karena air dapat membuat otak kita terus berenergi. Air putih juga akan mengendalikan temperatur tubuh kita sehingga tetap dalam kondisi yang optimal. Air putih juga akan membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi sehingga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Namun pada beberapa kasus, para ahli memang menyarankan sports drink dibandingkan air putih. Kasus-kasus ini adalah ketika olahraga yang dilakukan adalah olahraga prestasi yang menuntut hasil. Karena, selain memberikan pasokan cairan Sports drink juga memberikan tambahan energi sehingga atlet mampu memberikan performa yang lebih maksimal.

Faktor tambahan energi inilah yang membuat sports drink akan lebih memberikan manfaat ketimbang air putih biasa. Namun sekali lagi, jika olahraga yang anda lakukan bertujuan untuk kesehatan, air putih tetap menjadi minuman yang paling disarankan untuk dikonsumsi.

Cara Konsumsi Air yang Tepat

Tidak hanya sekadar masalah jumlah air yang dikonsumsi, bagaimana cara kita mengkonsumsi air pun harus menjadi perhatian. Dan cara mengkonsumsi ini bukan sekadar ketika kita berolahraga, namun juga pada saat sebelum, saat, dan setelah berolahraga.

Sebelum berolahraga pada intinya kita harus memiliki kebiasaan minum air yang baik. Jangan memiliki kebiasaan untuk minum setelah merasa haus. Haus adalah satu pertanda bahwa tubuh sudah mengalami dehidrasi. Jadi jangan pernah menunggu sampai haus untuk minum.

Setelah memiliki kebiasaan minum yang baik, maka tubuh kita akan selalu memiliki kadar cairan yang mencukupi untuk melakukan olahraga. Kita kemudian hanya perlu menambahkan satu gelas pada saat satu jam sebelum berolahraga dan satu gelas tambahan sebelum memulai olahraga.

Pada saat berolahraga, tidak perlu khawatir jika kita merasa mudah merasa haus dan banyak mengeluarkan keringat. Dua hal ini adalah pertanda bahwa kita sudah memiliki kebiasaan minum yang baik. Peka terhadap rasa haus dan banyak berkeringat menandakan bahwa proses metabolisme dalam tubuh berjalan baik.

Cukup konsumsi air kembali secara cukup saat kita berolahraga. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kurang lebih 400ml dalam setiap 15 menit aktivitas olahraga. Meskipun jumlah ini akan bergantung pada aktivitas olahraga apa yang anda lakukan.

Namun satu hal yang wajib dicatat adalah sebaiknya minum sedikit-sedikit tapi berkali-kali ketimbang minum banyak sekaligus. Mengkonsumsi air dalam jumlah banyak dalam satu waktu hanya akan membuat air tersebut terkumpul di lambung dan kemudian dikeluarkan kembali sebelum dimanfaatkan oleh tubuh.

Jika anda bermain sepakbola, letakanlah minum di setiap sudut lapangan. Sehingga anda bisa minum satu teguk setiap mendapatkan kesempatan. Dengan begitu kadar cairan dalam tubuh akan terjaga.

Yang terakhir adalah konsumsi cairan setelah selesai berolahraga. Minum setidaknya dua gelas air setelah berolahraga. Selanjutnya terus konsumsi air sampai rasa haus anda benar-benar hilang. Sekali lagi, konsumsi air secara perlahan-lahan. Jangan langsung meminum dalam jumlah banyak karena tubuh akan kesulitan untuk memprosesnya.

Jika memungkinkan, menimbang berat badan sebelum dan sesudah berolahraga juga dapat membantu untuk mengetahui apakah jumlah air yang dikonsumsi sudah cukup atau belum. Selisih jumlah berat badan antara sebelum dan sesudah itulah yang merupakan jumlah cairan yang keluar dari tubuh. Sebaiknya, konsumsi air dalam jumlah yang sedikit lebih banyak dari jumlah yang keluar tersebut.

Sumber gambar: www.gettyimages.co.uk

Komentar