On this day 1961, Meski Menang dari Persema, PSM Tetap Gagal Jadi Juara

On This Day

by redaksi

On this day 1961, Meski Menang dari Persema, PSM Tetap Gagal Jadi Juara

Tanggal 2 Juni 1961, tepat 53 tahun lalu, PSM Makassar merasa percaya diri untuk meraih juara Perserikatan tiga kali berturut-turut usai membuka kemenangannya 4-1 atas Persema Malang di Stadion Mattoangin Makassar. Kemenangan itu membuka jalan PSM untuk menjuarai Kejurnas PSSI 1961 setelah sebelumnya menjadi juara pada 1957 dan 1959.

Pada akhir dekade 1950-an, PSM adalah salah satu kekuatan sepakbola mengerikan di Indonesia. Lewat Ramang cs, mereka mempu membuat kiblat sepakbola Indonesia beralih ke Indonesia Timur dan melupakan sejenak tanah Jawa.

Kemenangan 4-1 atas Persema, membuat mereka menjadi penguasa sementara babak 7 besar yang digelar paruh kompetisi itu. Pada waktu itu dalam kompetisi PSSI, masim lazim digunakan home turnamen. Dan kebetulan, PSM menjadi tuan rumah dalam babak 7 besar, wajar saja hal ini membuat rasa percaya diri mereka menjuarai kembali turnamen semakin besar.

Namun, rasa jemawa dalam Kejurnas PSSI 1961 itu kandas setelah mereka ditahan Persib Bandung 1-1 melalui “Insiden Mattoangin” dan ditahan imbang 3-3 dengan Persebaya Surabaya yang menciptakan sanksi bagi duo andalan PSM, Ramang dan Noorsalam. Imbasnya, posisi mereka pun melorot diigeser Persib yang menjadi juara,

Pada hasil akhir turnamen, berada pada peringkat dua dengan mengoleksi 10 poin dari empat menang dan dua seri.  Mereka hanya kalah satu poin dari Persib yang menjadi kampiun dengan mengemas 11 poin.

sumber foto: nandarbakti.blogspot.com

(NMR)

Komentar