On this day 1976, Persija Juara Turnamen Piala Siliwangi di Bandung

On This Day

by redaksi

On this day 1976, Persija Juara Turnamen Piala Siliwangi di Bandung

Pada tanggal 28 Mei 1976, Persija Jakarta berhasil menjuarai Piala Siliwangi I/1976 setelah dalam babak final mengalahkan UMNO Malaysia 1-0 di Stadion Siliwangi Bandung. Gol tunggal kemenangan tim berjuluk Macan Kemayoran itu dicetak Junius Seba pada menit ke-8.

Turnamen Piala Siliwangi edisi perdana (21-28 Mei 1976) ini diikuti enam tim, yaitu PSMS Medan, Persija Jakarta, PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, UMNO Malaysia, dan Persib Bandung. Sayang, sebagai tuan rumah, Persib gagal lolos ke babak final karena hanya terpaut selisih satu gol dengan Persija.

Pada awalnya, Piala Siliwangi digelar untuk memeriahkan HUT Kodam Siliwangi yang diperingati setiap tanggal 20 Mei dan sekaligus meresmikan Stadion Siliwangi yang baru dipugar. Stadion milik Kodam Siliwangi itu sendiri mulai dipugar sejak 1 Oktober 1974 dan direncanakan dibenahi secara bertahap hingga tahun 1980-an.

Sebelum turnamen sempat digelar pertandingan persahabatan internasional antara Persib Bandung dan Middlesex Inggris. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Siliwangi pada 20 Mei 1976 itu dimenangkan tim tamu 3-0 melalui gol John W. Kozens (menit 30 dan 78) serta Richard D. Kidd (32).

Turnamen Piala Siliwangi adalah turnamen legendaris di Indonesia, sama seperti Turnamen Marah Halim Cup, Jayakarta Cup, Surya Cup atau Jusuf Cup. Rutinnya digelar turnamen di Indonesia karena pada masa itu kompetisi penuh berbentuk liga belum lazim diterapkan.

Gelaran kompetisi perserikatan sendiri biasanya digelar dengan waktu yang tak menentu, kadang setahun sekali kadang juga dua tahun sekali, itupun dengan waktu kompetisi yang teramat singkat hanya menghabiskan 3-4 bulan saja. Karenanya wajar saja untuk mengisi kekosongan aktifitas, pemain bola kita begitu getol dan bersemangat mengikuti turnamen.

sumber data : Novan Media Research

sumber foto : bobotohsajati1.com

(wam)

Komentar