[On This Day] 1992, The Damn United

On This Day

by redaksi

[On This Day] 1992, The Damn United

Anda pernah menonton film The Damn United? Yup film yang menceritakan masa-masa sulit Bryan Clough dengan Leeds United.

Namun, jika merujuk judul film tersebut, mungkin momen Clough melawan Manchester United (MU) ini bisa juga mewakili. Clough dengan Nottingham Forest kalah 0-1 dari United yang diasuh Sir Alex Ferguson pada 12 April 1992 di stadion Wembley.

Final ini adalah penampilan kedua United di ajang yang sekarang bernama Capital One tersebut. Musim sebelumnya, mereka dikalahkan Sheffield Wednesday.

Sementara Forest, selain sebagai pemegang juara di musim 1990, mereka sedang menggapai masa keemasannya di bawah asuhan Bryan Clough. Dua pemain yang kemudian menjadi legenda United, Roy Keane dan Tedy Serringham diantarkan Clough merebut gelar juara Liga Champions Eropa pada musim 1992/93.
[video id="xBqvCj4ps-Y" site="youtube"][/video]
MU akhirnya menang berkat sebiji gol yang dilesakkan oleh Bryan Mc Clair pada menit ke-14. Gol ini memanfaatkan assist pemain muda pertama jebolan Class of 92', Ryan Giggs. Juara di final yang disaksikan hampir 77 ribu penonton di Wembley ini akhirnya menjadi gelar pertama yang diantarkan Giggs untuk The Red Devils.

Bagi Sir Alex Ferguson, bukan hanya mampu keluar dari dominasi Bryan Clough, ini adalah trofi ketiga domestiknya bersama United. Dua gelar sebelumnya adalah FA Cup dan Charity Shield (berbagi juara dengan Liverpool) pada tahun 1990.

Komentar