On this day 1975, Aib Wiel Coerver di Kota Bandung

On This Day

by redaksi

On this day 1975, Aib Wiel Coerver di Kota Bandung

Tanggal 23 Mei 1975, timnas Indonesia Tamtama dihantam Persib Bandung 1-3 dalam pertandingan uji tanding di Stadion Sidolig, Kota Bandung. Ketiga gol Persib dicetak Risnandar (menit 8 dan 57) serta Tjetjep (70), sedangkan gol timnas diciptakan menit 23.

Sejatinya, uji tanding ini dilakukan sehari sebelumnya, yaitu 22 Mei 1975, Namun karena tetapi terjadi hujan lebat, pertandingan pun ditunda keesokan harinya. Kala itu, kedua tim bermain imbang 0-0 sampai menit 70. Akhirnya, karena pertandingan ini "hanya" laga uji tanding, maka pertandingan pun tidak dilanjutkan. Namun karena masih penasaran dengan kekuatan Persib, pelatih timnas kala itu yaitu Wiel Coerver meminta pertandingan ulangan dilakukan keesokan harinya, dan dimulai kembali dari menit nol. siapa sangka pada pertandingan kedua itu, timnas malah ditekuk 3-1 oleh Persib.

Keberadaan timnas Indonesia Tamtama di Bandung memang sudah direncanakan dalam rangka mengikuti turnamen segitiga di Senayan bersama Manchester United dan Ajax Amsterdam.

Sebelumnya, dalam uji tanding di Stadion Persib, 20 Mei 1975, timnas Indonesia Tamtama berhasil mengalahkan Bandung Selection dengan skor 5-1 melalui Risdianto (menit 8), Djunaidi Abdillah menit 10 via penalti, Waskito (14), Wibisono (15), dan Anjas Asmara (60). Sementara Nandar Iskandar mencetak gol bagi Persib pada menit 76.

Timnas Indonesia Tamtama yang dikenal juga sebagai PSSI Tamtama merupakan timnas yang baru dibentuk. Timnas yang sedang beruji tanding ini bermaterikan 21 dari 22 pemain yang dipanggil. Wiel Coerver sendiri baru menandatangani kontrak selama dua tahun pada 17 April 1975.

Coerver bukanlah orang sembarangan, dia dijuluki professor sepakbola berkat metode pelatihannya yang dijadikan paduan klub-klub besar Eropa.Diapun sempat membawa Feyenoord menjuarai Piala UEFA 1974 - tepat setahun sebelum melatih timnas PSSI. Datang ke Indonesia Wiel Coerver dibantu oleh Wiem Hendrieks sebagai asisten pelatih. Selama dilatih Coerver timnas mampu bermain imbang 0-0 dengan Manchester United.

Wah Lantas, bagaimana ceritanya Persib bisa mengalahkan Coerver?

sumber : Novan Media Research

sumber foto: bandung.bisnis.com

(wam)

Komentar