On this day 1974, Senayan Jadi Saksi Pengantar Kejayaan Australia

On This Day

by redaksi

On this day 1974, Senayan Jadi Saksi Pengantar Kejayaan Australia

Tanggal 21 Mei 1974, 40 tahun lalu, timnas Indonesia gagal melakukan revans pada Australia. Timnas yang bermain di Stadion Utama Senayan, dipaksa takluk 1-2 oleh Australia dalam laga persahabatan.

Hasil ini tentu sangat mengecewakan mengingat publik berharap Indonesia mampu membalaskan dendam setelah setahun sebelumnya timnas disingkirkan oleh Australia dalam kualifikasi Pra-Piala Dunia 1974. Dalam dua pertandingan babak kualifikasi tersebut Indonesia kalah agregrat 8-1.

Sementara itu dalam pertandingan persahabatan yang digelar di Senayan itu timnas asuhan Djamiaat Dahlar harus kembali menelan kekalahan 1-2 dari tim negeri Kanguru. Hasil skor ini mengulang apa yang dulu terjadi saat kualifikasi Piala Dunia, Indonesia juga sama ditekuk 1-2 oleh Australia.

Mestinya Indonesia mampu menekuk Australia meskipun laga tersebut bertajuk persahabatan, pasalnya baru tiga menit laga berjalan Abdul Kadir turut sudah mendapat hadiah pinalti dari wasit, sayangnya ia tak mampu membobol gawang Australia yang dijaga Jack Reilly. Hasil yang mengecewakan mengingat Jack Reilly sudah tertipu melompat ke kanan, sedangkan bola tendangan Abdul Kadir melenceng jauh ke kiri.

Sampai wasit meniup peluit tanda babak pertama usai, skor tetap 0-0. Memasuki babak kedua, jual beli serangan terjadi diantara kedua tim. Keran gol akhirnya terbuka pada menit 77 setelah bek Peter Wilson mencetak gol lewat sundulan kepala dalam sekelumit tendangan penjuru.

Karena kalah postur, selang 3 menit kemudian kejadian serupa kembali terjadi, kali ini giliran Col Curran yang melakukannya. Tertinggal 2-0 membuat Indonesia aktraktif tampil menyerang.Akhirnya pada menit 89, timnas memperkecil kekalahan lewat gol yang dicetak Waskito setelah memanfaatkan umpan Andi Lala.

Ujicoba yang dilakukan di Australia ini adalah ujicoba terakhir sebelum mereka terbang ke Jerman Barat guna menjalani Piala Dunia, kala itu Australia satu grup dengan Jerman Barat, Jerman Timur dan Chili. Skuat Australia 1974 amatlah begitu melegenda dalam sejarah sepakbola Australia mengingat skuat itulah yang pertama kali mampu membawa the Socceroos tampil di Piala Dunia, sampai-sampai jersey yang diadopsi Australia untuk mengikuti Piala Dunia di Brazil nanti terinspirasi dari jersey 1974.

sumber: Novan Media Research

sumber: ozfootball.com
(wam)

Komentar