On This Day 1963, Lahirnya Ricky Yacob(i)

On This Day

by redaksi

On This Day 1963, Lahirnya Ricky Yacob(i)

Hari ini 51 tahun lalu lahirlah Ricky Yacob di Medan, Sumatra Utara. Seorang putra yang mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah sepak bola.

Ia seolah terlahir untuk Timnas. Puncak karirnya terjadi pada 1987 dengan mengantarkan dua gelar untuk Indonesia. Yakni emas SEA Games dan Piala Kemerdekaan.

Ricky mengawali karirnya bersama PSMS Medan dan sempat mengantarkan klub tersebut menjuarai Piala Suratin. Ia kemudian hijrah ke Jawa untuk bermain bersama Arseto Solo. Meski cukup lama di klub ini, Ricky tak pernah menjuarai Galatama.

Puncak karir Ricky di Timnas pada 1987 membuat klub-klub luar negeri tertarik padanya. Salah satu klub Jepang,  Matsushita (sekarang Gamba Osaka) merekrutnya pada tahun 1988. Nama belakangnya kemudian lebih dikenal dengan Yacobi karena kebiasaan orang Jepang memanggilnya demikian.

Sayangnya, iklim Jepang, terutama udara dingin gagal memuatnya bersinar. Ia hanya turun di empat laga. Meski begitu, ia sempat mencetak satu gol di sana dan menjadi pesepakbola Indonesia pertama yang bermain di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Komentar