On This Day 1900, Kemenangan Terbesar Arsenal di Liga Inggris

On This Day

by redaksi

On This Day 1900, Kemenangan Terbesar Arsenal di Liga Inggris

Hari ini Arsenal memang tersingkir dari Liga Champions Eropa setelah hanya mampu bermain imbang di kandang Bayern Muenchen semalam. Namun, pada 12 Maret 1900, Arsenal mencatatkan kemenangan terbesar mereka di Liga Inggris yakni 12-0 atas Loughborough Town.

Kemenangan itu terjadi manakala Arsenal yang masih menggunakan nama Woolwich Arsenal bertanding di Divisi Dua Inggris kala itu. Sebelum menang 12-0 di Manor Ground in Plumstead, London, The Gunners 9 hari sebelumnya menang 3-2 saat away ke Loughborough.

Arsenal kala itu ditangani manajer Harry Bradshaw dan mulai merangkak naik. Sementara bagi Loughborough musim 1900 adalah kiprah terakhir mereka di sepak bola Inggris. Karena krisis finansial, klub ini bubar.

Kemenangan 12-0 ini memang bukan kemenangan terbesar dalam sejarah Arsenal. Pada ajang FA Cup 1893, mereka juga pernah mencetak skor yang sama. Kemudian saat persahabatan melawan Paris XI pada 1904, Arsenal mencatatkan kemenangan 26-1. Namun demikian, kemenangan 12-0 atas Loughborough menjadi sejarah kemenangan terbesar mereka dalam ajang Liga Inggris.

Komentar