On This Day: 1963, Spurs Menjadi Jawara Inggris Pertama di Eropa

On This Day

by redaksi

On This Day: 1963, Spurs Menjadi Jawara Inggris Pertama di Eropa

15 Mei selalu menjadi tanggal yang bersejarah bagi Tottenham Hotspur. 51 tahun yang lalu, Spurs berhasil memenangkan UEFA Winners’ Cup 1963. Apa yang spesial dari prestasi tersebut?

Spurs menjadi klub pertama Inggris yang meraih piala di kompetisi klub Eropa. Klub dari London ini berhasil mengalahkan Atletico Madrid di final Winners’ Cup 1963 dengan skor 5-1. Ini menjadi lebih berkesan bagi Spurs karena Atletico adalah juara bertahan tahun sebelumnya.

Bill Nicholson menjadi pelatih yang membawa trofi Winners’ Cup satu-satunya untuk Spurs sepanjang sejarah klub ini. Pelatih asal Inggris ini sebelumnya sukses membawa The Lilywhites menjadi kampiun First Division di tahun 1961 dan menjadi runner-up dua tahun setelahnya.

Semenjak babak pertama final Winners’ Cup, Tottenham Hotspur mendominasi permainan dan bisa unggul 2-0 sebelum turun minum. Walaupun sempat kecolongan 1 gol dari Atletico, Spurs kembali membobol gawang dengan tiga gol.

Aktor penting dalam kemenangan The Lilywhites ini adalah Jimmy Greaves. Mantan punggawa timnas Inggris ini berhasil mencetak gol pembuka di menit ke-16 dan memberikan 1 gol tambahan di menit-80 untuk Spurs di pertandingan akbar ini.

Pertandingan yang diselenggarakan di Feijnoord Stadium, Rotterdam, ini mengukir sejarah manis untuk Spurs di kompetisi Eropa. Sekitar 49.000 pasang mata menjadi saksi raihan trofi The Lilywhites yang kini tanpa gelar selama 6 tahun.

(rd)

Komentar