On This Day 1979, Final Dramatis Arsenal vs Manchester United

On This Day

by redaksi

On This Day 1979, Final Dramatis Arsenal vs Manchester United

Pada hari ini 35 tahun yang lalu, pertandingan final Piala FA antara Arsenal menghadapi Manchester United digelar. Sebanyak 99 ribu penonton tercatat menyesaki Stadion Wembley, Inggris. Pertandingan ini dimenangi Arsenal dengan skor 3-2. Saking dramatisnya, publik sepakbola Inggris menobatkannya sebagai salah satu pertandingan final terbaik di Piala FA.

Arsenal sebenarnya dianggap akan dengan mudah memenangkan laga ini ketika Brian Talbot mencetak gol di menit ke-12. Keunggulan Arsenal lantas digandakan Frank Stapleton menjelang bubaran babak pertama.

Selepas gol tersebut, The Reds Devil terus menebar ancaman. Beruntung Pat Jennings bermain sangat apik dengan mematahkan sejumlah peluang. Pendukung Arsenal terus bersorak hingga akhirnya pada menit ke-86 Gordon McQueen mencetak gol. Dua menit berselang, sebuah kesalahan dari pemain tengah Arsenal dimanfaatkan dengan baik oleh Sammy McIlroy. Gelandang asal Irlandia Utara ini menggiring bola dan mengelabui dua bek Arsenal sebelum mencetak gol penyama kedudukan.

Gol yang dramatis dan membuat Stadion Wembley bergemuruh oleh gelora sukacita pendukung United. Namun, satu menit setelahnya, sebuah serangan balik dilancarkan Arsenal dari sisi kanan pertahanan United. Pemain United yang masih diliputi euforia belum siap menahan gempuran tersebut. Benar saja, sebuah umpan silang melayang di atas kepala kiper United Gary Bailey. Di tiang jauh Alan Sunderland telah menunggu dan siap menendang bola. Hanya dalam satu lesakkan, rona ceria dari pendukung United pun memudar. Beberapa menit berselang, peluit panjang akhirnya dibunyikan Ron Challis yang menandakan pesta bagi meriam London akan dimulai.

Ini adalah trofi pertama yang bisa diraih Arsenal di bawah arahan Terry Neill. Sementara bagi Arsenal, trofi Piala FA ini merupakan yang kelima sepanjang klub tersebut berdiri.

 Highlights pertandingan Final Piala FA 1979


[video id="rGF5-GPtLiE" site="youtube"][/video]


(fva)

Komentar