Dipecat Karena Beramal

Backpass

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Dipecat Karena Beramal

Tracy Chandler amat menikmati perannya sebagai Donny Dog, maskot Doncaster Rovers FC. Chandler tak mengharap materi. Tak sepeser uang pun ia dapat dari peran yang ia mainkan. Bahkan demi fokus menjalankan peran itu Chandler rela meninggalkan pekerjaannya sebagai penata rambut. Bagi Chandler, dengan menjadi Donny Dog, ia bisa berkontribusi menghasilkan banyak uang untuk tujuan amal.

Sayang, niat baik tak selamanya berbuah manis. Kenyataan pahit ditelan Chandler pada akhirnya. Pada 8 Juni 2011, Doncaster mengirim surat pemutusan hubungan kerja kepada Chandler melalui surel.

Pihak klub sudah tidak lagi membutuhkan layanan Chandler sebagai Donny Dog. Doncaster beralasan bahwa Chandler sudah melakukan tindakan yang sangat memalukan, setelah foto seksinya dimuat di majalah Sunday Football, sehari sebelum pemberitahuan pemecatan dirinya.

Dalam foto tersebut Chandler berpose di atas tempat tidur dengan hanya mengenakan lingerie, sambil memegang bagian kepala kostum Donny Dog. Doncaster murka melihat foto seksi Chandler terpampang di media massa.

Doncaster tak bisa menoleransi tindakan Chandler. Sang ibu tiga anak dianggap pihak klub telah melakukan tindakan yang sangat melecehkan Donny Dog, maskot yang amat dicintai publik Doncaster. Donny Dog amat populer di kalangan anak-anak. Dalam pandangan mereka, Chandler telah memberi pengaruh buruk kepada anak-anak.

Sekilas, tindakan Doncaster benar. Namun di sisi lain, Chandler punya alasan atas kesediaannya berpose seksi. Dirinya mau menerima tawaran Sunday Football karena majalah tersebut berjanji untuk menyalurkan semua pendapatan Chandler kepada National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC).

Beberapa waktu sebelumnya, para pemain Doncaster pernah berpose bugil untuk pembuatan kalender yang semua penghasilanya disumbangkan kepada NSPCC. Ini juga yang dilakukan oleh Chandler.

Chandler mengaku bahwa saat menerima tawaran Sunday Football ia tidak memberi tahu pihak klub. Namun menurutnya, ia telah melakukan tindakan yang benar karena apa yang dilakukannya bertujuan untuk amal. Maka ketika mendapat surat pemecatan, hatinya hancur. Ia tak menyangka pihak klub tak menghargai niat baiknya.

"Saya benar-benar hancur. Saya belum berhenti menangis sepanjang pagi. Saya telah mengumpulkan banyak uang untuk amal. Sayalah yang mendorongnya ke badan amal,” ujar Chandler.

Media Inggris pun ramai-ramai memberitakan pemecatan Chandler. Simpati dan dukungan pun mengalir kepadanya. Chandler yang termotivasi pun memutuskan bangkit dan berjuang untuk kembali mendapatkan pekerjaannya. Upayanya tak berakhir sia-sia, Pada 10 Juni 2011, Chandler akhirnya mendapatkan kembali perannya sebagai Donny Dog.

Presiden Doncaster kala itu, John Ryan, mengatakan bahwa pihak klub tetap tidak membenarkan tindakan Chandler yang berpose seksi di Sunday Football. Namun melalui pertimbangan bahwa Chandler telah melakukan banyak hal positif untuk Doncaster, maka pihak klub pun mau menerimanya kembali. Namun Ryan tetap memperingatkan Chandler agar sebelum melakukan sesuatu yang berhubungan dengan Doncaster, Chandler harus berkomunikasi lebih dulu dengan pihak klub.

Komentar