Maine Road, Konser Oasis, dan Manchester United

On This Day

by redaksi Pilihan

Maine Road, Konser Oasis, dan Manchester United

Pada April 1996, tepatnya pada 27 dan 28 April 1996, kandang lama Manchester City, Maine Road, bergemuruh. Band kenamaan dari Inggris, Oasis, mengadakan konser di sana dan sukses menarik banyak massa. Namun, pada masa sebelum Oasis lahir, Maine Road pernah menarik massa yang lebih banyak lagi, yaitu pada 17 Januari 1948 dalam sebuah pertandingan sepakbola.

Konser Oasis yang berlangsung di Maine Road pada April 1996, yang juga kerap disebut sebagai konser "pulang kampung" Oasis ini, sukses mencatatkan angka 80.000 penonton selama dua hari. Jumlah tersebut terbilang cukup besar untuk ukuran band yang baru muncul ketika itu.

Namun ternyata jauh sebelum itu, Maine Road pernah menjadi tempat perhelatan sebuah ajang dengan jumlah penonton jauh lebih besar. Hal itu terjadi dalam pertandingan Football League yang mempertemukan antara Manchester United melawan Arsenal yang terjadi pada 17 Januari 1948. Loh, Manchester United?

Maine Road memang kandang Manchester City. Tapi sejak 1946 sampai 1949, The Red Devils harus menyewa Maine Road karena kandang mereka, Old Trafford, mengalami kerusakan cukup parah akibat bom yang dijatuhkan oleh tentara Jerman dalam Perang Dunia II. Selama tiga musim, United menyewa Maine Road dengan biaya sewa 5000 paun per musim plus opsi pergantian gerbang kala United bermain.

Tapi di Maine Road inilah justru United mencatatkan salah satu rekor penonton tertingginya. Dalam pertandingan Football League melawan Arsenal yang berlangsung pada 17 Januari 1948 tersebut, United sukses mencatatkan rekor 83.260 orang yang hadir. Jumlah penonton ini lebih banyak daripada jumlah penonton konser Oasis pada 1996 di tempat yang sama yang hanya mencatatkan 80.000 penonton saja.

Jika melihat latar belakang yang meliputi pertandingan ini, bisa dimaklumi kenapa pertandingan ini memancing begitu banyak penonton. Ketika itu United duduk di posisi empat First Division, beda sembilan poin dengan Arsenal yang duduk di peringkat pertama. Pertandingan berjalan dengan ketat dan akhirnya pertandingan selesai dengan skor imbang 1-1.

Takdir kedua tim di akhir kompetisi pun berbeda. Arsenal sukses mengakhiri musim tersebut dengan gelar juara dalam genggaman mereka, sementara United harus puas duduk di peringkat kedua, namun sukses menggondol trofi Piala FA di akhir musim serta rekor penonton tertinggi, kedua terbanyak setelah rekor 84.569 yang dicatatkan dalam laga babak keenam Piala FA yang mempertemukan Manchester City dan Stoke City, juga di Maine Road.

Namun segala kenangan yang ada di dalam stadion ini sekarang sudah sirna seiring dengan perubuhan stadion yang dilakukan oleh manajemen City pada 2004 silam. Kenangan akan konser Oasis, Manchester City, dan Manchester United dalam stadion tersebut ikut rubuh bersama dengan rubuhnya stadion beserta dengan penjualan atribut-atribut kelengkapan stadion yang dilakukan oleh manajemen City sebelum perubuhan Maine Road, dengan total pendapatan sebesar 400.000 paun bagi manajemen City.

(sf)

Komentar