Tahun Baru, Andreas Thom Menyeberang ke Jerman Barat

Backpass

by redaksi

Tahun Baru, Andreas Thom Menyeberang ke Jerman Barat

Andreas Thom punya caranya sendiri dalam merayakan tahun baru. Pada 1 Januari 1990, ia resmi menjadi pemain pertama dari Jerman Timur yang menyeberang ke Jerman Barat. Thom pun memiliki peran dalam reunifikasi sepakbola Jerman dengan langkah yang ia ambil ini.

Setelah Perang Dunia II, Jerman terpisah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur. Hal ini terjadi akibat dari kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II. Pemisahan Jerman ini berefek terhadap banyak hal. Selain kepada pemerintahan Jerman itu sendiri, imbas dari pemisahan Jerman ini merembet ke pengelolaan sepakbola di Jerman.

Untuk pengelolaan sepakbola di Jerman Barat, mereka merestorasi kembali DFB yang pernah dibentuk di Leipzig pada 1990 sebagai asosiasi sepakbola mereka. Sedangkan untuk kompetisi domestiknya, DFB Jerman Barat mengembangkan Bundesliga pada 1963, setelah dari 1946 sampai 1963 mereka hanya menjalankan kompetisi level amatir bernama Oberliga.

Sementara itu Jerman Timur mengambil langkah yang berbeda dalam hal mengelola sepakbola negerinya sendiri. Untuk kompetisi domestik, mereka membentuk DDR Oberliga sebagai kompetisi sepakbola Jerman Timur dengan DFV (federasi sepakbola Jerman Timur) sebagai organisatornya.

Sedangkan untuk tim nasional sendiri, Jerman Barat dan Jerman Timur memiliki tim nasional yang terpisah. Keduanya kerap beberapa kali bertemu, terutama dalam laga persahabatan, meski dalam perkembangannya tim Jerman Baratlah yang lebih dulu dikenal di Eropa dan dunia setelah mereka meraih trofi Piala Dunia pada 1954 dan 1974.

Lalu, apa hubungannya sejarah sepakbola Jerman dengan Andreas Thom? Thom sebenarnya adalah pemain kunci untuk klub yang berkompetisi di DDR Oberliga, Dynamo Berlin. Ia bergabung dengan klub ini sejak 1983. Bersama Dynamo Berlin, ia sukses memenangkan lima gelar DDR Oberliga secara beruntun, ditambah dengan dua gelar Piala Liga Jerman Timur pada 1988 dan 1989.

Berposisi sebagai penyerang, ia juga berhasil merengkuh gelar pencetak gol terbanyak DDR Oberliga pada musim 1987/1988 dan mendapat penghargaan sebagai Pesepakbola Terbaik Jerman Timur pada 1988.

Tapi pada akhir 1989, ia mengambil sebuah langkah maju dengan coba menyeberang ke Jerman Barat. Mendapat restu dari DFV, Thom tercatat menjadi pemain pertama dari Jerman Timur yang bermain untuk tim Jerman Barat (meski saat itu banyak juga
pemain dari Jerman Timur yang kabur ke Jerman Barat). Ia dikontrak pada 1 Januari 1990 oleh klub Jerman Barat, Bayer Leverkusen dan membela klub tersebut selama lima tahun, sejak 1990 sampai 1995.

Bersama Bayer, ia mencatatkan 161 penampilan dan mulai dikenal oleh publik. Selepas dari Bayer, ia melanjutkan karier sepakbolanya di Glasgow Celtic, lalu kembali ke Jerman membela Hertha Berlin pada 1998 dan pensiun di sana pada 2001.

Selain menjadi pemain pertama dari Jerman Timur yang membela tim Jerman Barat, apa yang Thom lakukan ini menjadi salah satu awal dari reunifikasi sepakbola Jerman. Setelah tembok Berlin diruntuhkan pada November 1989, Jerman bersatu kembali dan Thom menandai reunifikasi sepakbola Jerman Timur dan Barat dengan bermain di Leverkusen pada 1 Januari 1990.

foto: Wikimedia

(sf)

Komentar