(18 Oktober) Ketika Derby Milan yang Pertama Dilangsungkan di Luar Italia

On This Day

by redaksi

(18 Oktober) Ketika Derby Milan yang Pertama Dilangsungkan di Luar Italia

Pada 18 Oktober 1908, AC Milan dan Inter Milan menggelar partai derby mereka yang pertama. Namun jika lazimnya partai derby Milan digelar di Giuseppe Meazza/San Siro, derby Milan yang pertama ini malah digelar di luar Milan, bahkan di luar Italia. Partai derby Milan yang pertama ini digelar di Swiss.

Partai derby Milan pertama ini digelar tepat tujuh bulan setelah Inter Milan dibentuk. Inter Milan sebetulnya adalah bagian dari AC Milan. Tapi pada Maret 1908, mereka memutuskan untuk berpisah setelah ada perselisihan mengenai kebijakan pemain asing. Pihak-pihak yang lebih ramah kepada pemain asing akhirnya memutuskan membentuk Internazionale (disingkat Inter Milan). Ternyata mereka menjadi seteru AC Milan dalam ajang Serie A.

Namun pertemuan pertama mereka tidak berlangsung dalam ajang Serie A Italia. Pertemuan pertama mereka berlangsung dalam ajang bernama Coppa Chiasso, sebuah turnamen yang dimainkan di Canton of Ticino, sebelah selatan Swiss. Ajang ini pun sudah pernah dimenangkan oleh Milan sebelumnya, yaitu pada edisi 1906 dan 1907.

Khusus untuk 1908, peserta turnamen diperbanyak menjadi enam tim. Enam peserta itu adalah Chiasso FC (Swiss), Lugano 1904 FC (Swiss), Bellinzona FC (Swiss), AC Milan (saat itu masih bernama Milan Cricket and Football Club) (Italia), Ausonia FC Milano (Italia), dan Internazionale FC Milano (Inter Milan) (Italia). Dari keenam peserta tersebut, AC Milan dan Inter Milan sukses keluar sebagai finalis.

Pertandingan derby Milan pertama ini akhirnya dimenangkan oleh AC Milan dengan skor 2-1. Sejak saat itu, kedua tim sudah sering bertemu dalam berbagai ajang, baik itu Serie A maupun turnamen-turnamen lainnya. Rekor pertemuan mereka mencapai 276 kali, dengan 109 kemenangan menjadi milik AC Milan, 95 kemenangan milik Inter Milan, dan 72 pertandingan berakhir imbang.

Sampai saat ini, derby Milan masih dapat anda saksikan dalam ajang Serie A Italia. Tapi nilainya mungkin tidak akan sehebat dan semegah dahulu (ketika era 1990an saat Serie A masih berjaya dan kedua tim pun berada dalam puncak penampilannya) karena selain Inter dan AC Milan yang sedang menurun penampilannya, Serie A pun sekarang kalah bersaing dengan liga-liga Eropa lain, macam La Liga (Spanyol), Bundesliga (Jerman), dan tentunya si mewah Liga Primer (Inggris).

Baca Juga: Sejarah, Kemegahan, dan Meredupnya Derby Della Madonnina

(sf)

foto: Wikipedia

Komentar