Menyambut Hari Kelahiran Sang Penemu Kata Soccer

On This Day

by redaksi

Menyambut Hari Kelahiran Sang Penemu Kata Soccer

Pada 9 Oktober 1866, Charles-Wreford Brown dilahirkan di Bristol. Ia adalah seorang mahasiswa yang begitu mencintai sepakbola, dan ia pernah menjadi kapten timnas Inggris selama dua kali. Tapi, bukan karena itu ia diingat, melainkan karena satu hal yang menjadi warisannya dalam dunia sepakbola; penemuan istilah "soccer" untuk merujuk kepada istilah `association football" ketika itu.

Football Association (asosiasi sepakbola Inggris) dibentuk pada 1863 untuk menjadi badan yang mengurusi sepakbola Inggris. Begitu diresmikan, mereka langsung menciptakan peraturan-peraturan mengenai olahraga sepakbola yang diberi istilah "association football". Penamaan ini sendiri bertujuan agar olahraga sepakbola ini dapat dibedakan dari jenis olahraga serupa yang ketika itu juga menggunakan kata "football", yaitu "rugby football".

Wreford-Brown sendiri adalah mahasiswa dari Universitas Oxford. Ia menemukan istilah "soccer" ini ketika ada sekelompok mahasiswa yang mengajaknya bermain rugby saat itu, disingkat menjadi "rugger" (sebutan lain dari rugby, hasil dari kebiasaan orang Inggris yang kerap menyingkat kata pertama untuk menelurkan frasa baru). Tapi, Brown menolak dan mengatakan bahwa ia memilih untuk bermain "soccer". Setelah itu, istilah "soccer" sebagai frasa baru dari "association football" pun mulai lazim dipergunakan.

Kecintaan Brown kepada olahraga "soccer" ini (sepakbola) mengantarkannya menjadi pemain timnas dan sempat menjadi kapten timnas Inggris selama dua kali, yaitu pada 1894 dan 1895 (dua-duanya melawan Wales). Seusai menjadi pelatih timnas, ia tetap berhubungan dengan dunia sepakbola sebagai badan legislatif. Ia menjadi pewakilan Old Carthusians dan Oxford di jajaran kepengurusan Football Association.

Penggunaan kata "soccer" sudah mulai jarang di daratan Inggris, utamanya memasuki abad ke-19 setelah banyak kaum-kaum pekerja dan buruh yang ikut bermain bola. Namun, di Amerika Serikat, sampai sekarang istilah ini masih digunakan. Penggunaannya tidak lain untuk membedakan sepakbola dengan rugby (biasa disebut American football).

Jadi, jika anda tidak suka akan kata "soccer", dan sampai-sampai membenci orang Amerika Serikat yang masih menggunakan kata "soccer", jangan dulu marah. Pada dasarnya, baik itu "soccer" dan "football", lahir dari kebiasaan orang-orang Inggris itu sendiri

Baca Juga: Menelusuri Jejak Lahirnya Kata "Soccer"

(sf)

foto: victorianfootball.co.uk

Komentar