(27 September) Awal Mula Kelahiran Birmingham Derby

On This Day

by redaksi

(27 September) Awal Mula Kelahiran Birmingham Derby

Pada 27 September 1879, Birmingham derby yang mempertemukan antara Birmingham City dan Aston Villa pertama kali terjadi. Dalam pertemuan pertama ini, Birmingham berhasil mengalahkan Villa dengan skor 1-0. Namun, dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya, Villa akhirnya mampu menjadi penguasa Birmingham dengan rekor kemenangan dalam Birmingham derby yang lebih tinggi dari Birmingham City.

Dalam pertandingan pertama Birmingham derby ini, Birmingham masih menggunakan nama lama mereka, Small Heath Alliance. Pertandingan ini diadakan di kandang lama Birmingham, Muntz Street, yang disebut oleh para pemain Aston Villa sebagai "tempat untuk berkebun".

Pertemuan kedua tim dalam pertandingan kompetitif sendiri terjadi pada ajang Piala FA pada 1887. Pertandingan itu dimenangkan oleh Aston Villa dengan skor 2-1. Jika ditotal, kedua tim sudah bertemu sebanyak 117 kali, dengan rincian 51 kemenangan untuk Aston Villa, 37 kemenangan untuk Birmingham City, dan 29 pertemuan berakhir imbang.

Billy Walker menjadi pencetak gol terbanyak dalam derby ini bagi Aston Villa, dengan raihan 11 gol dalam kurun waktu 1919 sampai 1934. Sedangkan dari kubu Birmingham, ada nama Joe Bradford yang mencetak delapan gol dalam kurun waktu 1920 sampai 1935. Dalam sejarahnya, banyak pemain-pemain dan manajer-manajer yang pernah berada Villa dan Birmingham, seperti Dennis Mortimer dan Alex McLeish.

Selama beberapa tahun terakhir, derby ini tidak pernah lagi terjadi seiring Aston Villa dan Birmingham City yang kerap berada dalam divisi yang berbeda. Musim 2015/2016 saja, Villa masih berada di Liga Primer Inggris sedangkan Birmingham berada di Divisi Championship. Namun, pada musim 2016/2017, Birmingham derby kembali terjadi mengingat Aston Villa terdegradasi ke Divisi Championship. St. Andrew maupun Villa Park akan kembali bergelora menyambut Birmingham derby.

(sf)

Komentar