(26 September) Debut Dennis Bergkamp di Timnas Belanda

On This Day

by redaksi

(26 September) Debut Dennis Bergkamp di Timnas Belanda

Pada 26 September 1990, Dennis Bergkamp mencatatkan debutnya bersama timnas Belanda dalam pertandingan persahabatan melawan timnas Italia. Debut itu merupakan awal dari cerita pemain yang pernah membela Inter Milan tersebut di timnas Belanda, yang ditutup dengan catatan mengesankan bersama De Oranje.

Bergkamp, yang berposisi sebagai second striker ini, memulai karier sepakbolanya bersama Ajax Amsterdam. Bergkamp berhasil mengantarkan Ajax menjadi juara UEFA Cup Winners` Cup dan KNVB Cup pada 1987, sebelum akhirnya mampu mengantarkan klub yang bermarkas di Amsterdam Arena ini menjadi juara dalam ajang Eredivisie pada 1990.

Performanya pada 1990 berhasil membuat pemain berjuluk The Flying Dutchman ini meraih penghargaan sebagai Dutch Football Talent of The Year. Pada 1990 juga, ia mendapatkan caps pertamanya bersama timnas Belanda dalam laga melawan Italia. Namun, dalam pertandingan yang digelar di Palermo itu, Belanda kala 1-0 oleh Italia.

Meski kalah, ternyata itu adalah awal perjalanan Bergkamp menjadi salah satu penyerang menakutkan timnas Belanda. Dalam 79 kali penampilannya bersama timnas sampai 2000 (tahun ketika ia pensiun dari timnas), total ia berhasil mencetak 37 gol. Namun, rekor golnya ini tidak bertahan cukup lama karena berhasil dilewati oleh Patrick Kluivert, Klaas-Jan Huntelaar, dan Robin van Persie.

Hal lain yang menjadi catatan minus Bergkamp di timnas Belanda adalah selama ia aktif bermain untuk timnas, Belanda tidak sekalipun meraih trofi utama. Untuk level timnas, ia hanya mendapatkan gelar UEFA Euro Golden Boot pada 1992. Sedangkan di level klub, hampir semua klub yang ia bela seperti Ajax, Inter Milan, dan Arsenal berhasil meraih gelar penting.

Bahkan, ia menjadi salah satu legenda Arsenal usai mengantarkan The Gunners meraih trofi Liga Primer Inggris selama tiga kali dan trofi Piala FA empat kali dalam rentang waktu 1995 sampai 2006.

(sf)

foto: Wikipedia

Komentar