(13 September) Saat Jersey Best Laku dan Jersey Rivellino Tidak Laku

On This Day

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(13 September) Saat Jersey Best Laku dan Jersey Rivellino Tidak Laku

George Best adalah salah satu pemain kenamaan Manchester United dan Irlandia Utara. Tak ayal, segala hal yang berhubungan dengan Best pasti akan diburu oleh para kolektor, termasuk jersey yang pernah ia kenakan saat ia masih aktif bermain. Pada 13 September 2006, jersey milik Best laku dalam sebuah ajang pelelangan. Bahkan, harga jersey itu bisa tembus sampai 24.000 paun. Sebuah harga yang cukup mahal.

Jersey Best yang laku ini adalah jersey yang ia kenakan ketika membela Manchester United dalam babak kelima Piala FA melawan Northampton Town pada 7 Februari 1970. Dalam pertandingan tersebut, United menang 2-8 dan Best mencetak enam dari delapan gol tersebut. Enam gol itu memecahkan rekor dalam kompetisi Piala FA 1970 sebagai gol terbanyak yang dicetak dalam satu pertandingan.

Jersey ini sempat berpindah tangan kepada seorang peserta lomba sebagai hadiah dari sebuah lomba di koran pada 1996. Lalu, ia pun menyimpan jersey tersebut selama 10 tahun sebelum melelangnya di Christie, sebuah tempat pelelangan barang di Inggris. Dalam pelelangan tersebut, harga jersey ini diperkarakan akan jatuh di kisaran 20.000 sampai 30.000 paun. Setelah melalui proses lelang, akhirnya, jersey ini terlepas ke tangan pembeli yang mematok harga jersey tersebut sebesar 24.000 paun.

Selain jersey milik Best, dalam pelelangan yang digelar di Christie ini banyak juga barang-barang lain milik para legenda sepakbola yang dilelangkan. Barang-barang tersebut antara lain jersey Fulham yang dikenakan Booby Moore dalam pertandingan terakhirnya di Inggris (terjual dengan harga 3.600 paun) dan medali emas Piala FA 1970 milik kapten Chelsea ketika itu, Ron Harris (terjual dengan harga 13.200 paun).

Namun, dari sekian banyak barang yang dilelang, ada satu barang yang tidak laku alias tidak menemukan pembeli. Barang itu adalah jersey milik Roberto Rivellino, gelandang kenamaan Brasil yang pernah berpartisipasi dalam Piala Dunia 1970. Meski panitia sempat memperkirakan bahwa jersey ini akan lepas di kisaran harga 25.000 sampai 35.000 paun, jersey ini tidak dibeli oleh siapapun.

Sampai sekarang, entah kenapa jersey Best ini laku dan jersey Roberto Rivellino tidak laku. Apa karena Rivellino tidak mencatatkan prestasi segemilang Pele dalam Piala Dunia? Mungkin saja.

foto: balls.ie

Komentar