(10 September) Mengenang Jock Stein, Manajer Kenamaan Skotlandia

On This Day

by redaksi

(10 September) Mengenang Jock Stein, Manajer Kenamaan Skotlandia

Pada 10 September 1985, orang yang pernah menjabat sebagai manajer timnas Skotlandia dan Glasgow Celtic, John "Jock" Stein, meninggal dunia pada usia 62 tahun. Tragisnya, ia meninggal akibat serangan jantung di menit-menit akhir pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang mempertemukan Skotlandia dan Wales (pertandingan berakhir imbang 1-1). Ia meninggal di ruang medis stadion ketika itu.

Lahir di salah satu kota tambang di Skotlandia, Burnbank, pada 5 Oktober 1922, Stein mendapatkan kontrak profesional pertamanya sebagai pemain bersama Albion Rovers pada 1942, sembari bekerja paruh waktu sebagai penambang. Ia mencatatkan 200 penampilan di liga untuk Rovers dari 1942 sampai 1950, lalu ke pindah ke klub Wales, Llanelli Town, pada musim 1950/1951, sebelum akhirnya pindah lagi ke Celtic pada musim 1951/1952.

Di Celtic, ia mencatatkan 148 penampilan di liga sebelum akhirnya pensiun pada 1956 akibat cedera engkel. Pensiun sebagai pemain, Stein pun mulai menjajaki karier sebagai manajer sepakbola. Dimulai dengan menangani tim reserve Celtic, pada 1960, ia pindah untuk menangani Dunfermline Athletic dan mengantarkan tim tersebut meraih Scottish Cup pada 1961 usai menundukkan Celtic 2-0 pada babak final.

Pada 1964, ia melanjutkan karier manajerialnya dengan pindah dari Dunfermline ke Hibernian, sebelum akhirnya kembali ke Celtic untuk menangani tim utama pada 1965. Ia juga menjadi manajer paruh waktu bagi timnas Skotlandia pada tahun yang sama. Bersama Glasgow Celtic-lah, ia mencapai kesuksesan yang begitu gemilang selama kariernya sebagai manajer.

Total 10 trofi liga, delapan trofi Scottish Cup, dan enam trofi Piala Liga Skotlandia adalah capaian-capaian Stein selama menangani klub yang bermarkas Celtic Park dalam rentang waktu 1965 sampai 1978. Dari sekian banyak pencapaiannya itu, capaian yang mungkin akan diingat publik adalah kala ia mampu mengantarkan Celtic menjadi juara European Cup (Liga Champions Eropa) usai mengalahkan Inter Milan, yang saat itu dibesut Helenio Herrera, dengan skor 2-1.

Meski bergelimang sukses bersama Celtic, Stein harus angkat kaki dari sana pada 1978 karena The Hoops mengangkat manajer baru, Billy McNeill. Ia pun menyeberang ke daratan Inggris dan menangani Leeds United, tapi tidak lama (hanya 45 hari), karena ia langsung menjadi manajer full time timnas Skotlandia.

Setelah kematiannya, nama Stein diabadikan dalam Scottish Sports Hall of Fame dan Scottish Football Hall of Fame berkat capaian-capaian yang ia raih sebagai manajer. Sebagai bentuk penghormatan, tribun barat Celtic Park pun dinamai Jock Stein Stand.

(sf)

foto: Wikipedia

Komentar