(6 September) Gawang Jerman pun Tidak Menakutkan Lagi Bagi Polandia

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(6 September) Gawang Jerman pun Tidak Menakutkan Lagi Bagi Polandia

Robert Lewandowski mungkin tidak akan melupakan 6 September dalam hidupnya. Pada tanggal tersebut, tepatnya 6 September 2011, ia berhasil mencetak gol ke gawang Jerman dalam sebuah laga persahabatan di Gdánsk. Gol tersebut sekaligus menjadi gol pertama bagi Polandia setelah 31 tahun mereka begitu sulit untuk menjebol gawang dari timnas Jerman.

Polandia memang memiliki rekor yang cukup buruk ketika bertemu dengan Jerman. Sampai pada pertemuan di Gdánsk pada 2011, total Jerman dan Polandia sudah bertemu sebanyak 16 kali (plus rekor melawan Jerman Barat sebelum unifikasi Jerman). Dari 16 pertemuan tersebut, 12 pertemuan dimenangkan oleh Jerman, sedangkan empat pertemuan berakhir imbang.

Selain itu, Polandia pun acap kali kesulitan menjebol gawang Jerman. Pemain Polandia terakhir yang berhasil menjebol gawang Jerman adalah penyerang dari klub Lódz, Zbigniew Boniek pada Mei 1980 (dua tahun kemudian, Boniek pindah ke Italia untuk merasakan sukses bersama Juventus dan AS Roma). Setelah pertemuan itu, Polandia begitu sulit mencetak gol ke gawang Jerman.

Hingga akhirnya, di Gdánsk pada September 2011, Polandia berhasil memecahkan catatan buruk tersebut lewat kaki Robert Lewandowski, yang kala itu baru saja pindah ke Borussia Dortmund (ia pindah setahun sebelumnya). Penyerang jangkung ini berhasil menyelesaikan serangan balik pada menit ke-55 dan membawa Polandia unggul 1-0.

Namun, keunggulan ini hanya bertahan 13 menit setelah Jerman mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Toni Kroos. Polandia kembali berbalik unggul setelah pada menit ke-90, Jakub Blaszczykowski juga berhasil mengeksekusi tendangan penalti. Kemenangan Polandia yang sudah di depan mata pun musnah ketika Felipe Cacau berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-94.

Meski akhirnya hanya mendapatkan hasil imbang, Polandia tetap bisa sumringah. Setidaknya, gawang Jerman sudah tidak lagi menakutkan seperti sebelum-sebelumnya.



foto: Wikimedia

Komentar