Tidak ada Kandang Sebaik Old Trafford

On This Day

by Sandy Firdaus 26380

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Tidak ada Kandang Sebaik Old Trafford

Pada 24 Agustus 1949, Manchester United akhirnya kembali lagi ke Old Trafford. Hal ini tentunya membahagiakan bagi para pendukung The Red Devils saat itu, mengingat mereka sudah lama tidak bermain di sana, karena Old Trafford menjadi sasaran bom pasukan Jerman pada Perang Dunia II yang mengakibatkan United tidak mampu memakai stadion tersebut.

Old Trafford, yang juga biasa disebut sebagai Theatre of Dreams, telah menjadi kandang dari Manchester United sejak 1910. Namun, pada musim kompetisi 1938/1939, English Football League terpaksa dihentikan karena Perang Dunia II meletus. Pertandingan terakhir yang United jalani di Old Trafford pada musim itu adalah menghadapi Liverpool. Mereka menang 2-0 atas The Reds.

Perang Dunia II yang melibatkan Jerman, Italia, dan Jepang melawan Inggris, Prancis, Amerika Serikat, dan Soviet Rusia ini menghentikan kompetisi di Eropa, termasuk English Football League. Namun, ketika perang berlangsung, dan Jerman sedang rutin melakukan pemboman terhadap Inggris, Luftwaffe, angkatan udara Jerman, membom Old Trafford. Pemboman sendiri berlangsung selama dua kali.

Hal ini berimbas pada parahnya kerusakan yang diderita oleh Old Trafford. Sebagaimana yang tercatat dalam laporan Telegraph, keadaan stadion sangat rusak parah dan tidak bisa digunakan untuk pertandingan sepakbola.

"Lapangan utama benar-benar rusak parah. Apa yang tersisa dari lapangan yang rusak itu adalah rumput liar dan semak-semak berduri yang tumbuh sampai setinggi enam kaki di tengah lapangan. Beberapa gubuk Nissen berdiri sebagai pengganti kantor dan ruang ganti, dan tempat latihan menjadi rata dengan tanah di belakang Stretford End. `Theatre of Dreams` benar-benar menjadi tempat yang penuh dengan mimpi buruk".

Ketika English Football League kembali dimulai pada 1946 usai selesainya Perang Dunia II, Old Trafford masih dalam proses renovasi. Selama tiga musim sejak 1946, pertandingan kandang mereka dilangsungkan di Maine Road, kandang dari Manchester City (biaya sewanya 5000 paun per tahun plus opsi pergantian gerbang).

Awal musim 1949/1950, meski proses renovasinya belum benar-benar selesai, Old Trafford sudah bisa kembali digunakan sebagai kandang Manchester United. 24 Agustus 1949 adalah penandanya, dalam pertandingan liga antara Manchester United melawan Bolton Wanderers. The Red Devils menang 3-0 dalam pertandingan perdana di kandang.

Yah, tidak ada tempat senyaman rumah sendiri. Bagi United, tak ada kandang senyaman Old Trafford.

foto: vavel.com

Komentar