Saat "Si Bengal" Dilahirkan ke Dunia

On This Day

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Saat "Si Bengal" Dilahirkan ke Dunia

Hari ini, 12 Agustus, adalah hari kelahiran dari seorang penyerang yang namanya mungkin akan terkenang sebagai salah satu penyerang berbakat sekaligus kontroversial di dunia. Ya, 12 Agustus adalah hari kelahiran Mario Balotelli Barwuah. Ia lahir pada 12 Agustus 1990 di Palermo, Italia.

Orang tua Balotelli adalah imigran dari Ghana, Thomas Barwuah dan Rose Barwuah. Ketika Balotelli masih berusia tiga tahun, mereka menempatkan Balotelli di sebuah panti asuhan di daerah Palermo karena mereka tidak memiliki biaya untuk mengurus Balotelli. Lalu, Balotelli pun diadopsi oleh orang tua baru dari Brescia yang selamat dari tragedi Holocaust, Silvia dan Francesco Balotelli. Dari situ ia mendapatkan nama Balotelli. Pada usia 18 tahun, ia memutuskan untuk mengambil kewarganegaraan Italia.

Karier sepakbola Balo dimulai pada 2006 dengan membela Lumezzane, tim yang berkompetisi di Serie C1. Namun, ia hanya tampil dalam dua laga saja selama satu tahun membela Lumezzane. Pada 2007, ia memutuskan untuk hijrah ke Inter Milan. Ia dipromosikan oleh pelatih Inter kala itu, Roberto Mancini, ke tim utama, dan mendapatkan debutnya di Serie A pada 16 Desember 2007 kala Inter mengalahkan Cagliari 2-0.

Tiga musim bersama Inter, ia berhasil mempersembahkan tiga gelar Scudetto. Namun, saat kedatangan Jose Mourinho ke Inter, ia mulai jarang mendapatkan kesempatan bermain dan tidak menjadi bagian inti dari kesuksesan Inter meraih treble pada musim 2009/2010. Musim selanjutnya, ia memutuskan untuk pindah ke Liga Primer Inggris, membela klub Manchester City.

Dua tahun setengah bersama The Citizens, ia menjadi bagian dari skuat City yang berhasil menjuarai Liga Primer Inggris musim 2011/2012 dan Piala FA pada musim 2010/2011. Pada pertengahan musim 2012/2013, ia memutuskan kembali ke Italia, untuk membela AC Milan. Namun di Milan, performa yang ia tunjukkan kurang mengesankan, sehingga pada awal musim 2014/2015, ia memutuskan untuk hijrah ke Liverpool, meski di Anfield pun ia gagal mempertunjukkan penampilan yang mengesankan.

Pada 2010, Balotelli mendapatkan caps nya yang pertama bersama timnas Italia, dan ia berhasil mencetak gol pertamanya untuk timnas pada 11 November 2011 dalam laga persahabatan antara Italia melawan Polandia (pemain kulit hitam pertama yang mencetak gol untuk Italia). Sinar Balotelli semakin terang benderang setelah ia mencetak dua gol ke gawang Jerman dalam babak semifinal Piala Eropa 2012, yang berkesudahan untuk kemenangan Italia dengan skor 2-1.

Total, selama membela timnas, Balotelli sudah mencatatkan 13 gol dari 33 penampilan. Sebenarnya, Balo memiliki peluang untuk menjadi salah satu penyerang hebat dunia jika melihat dari bakat yang ia miliki. Tapi, kelakuannya yang kadang di luar nalar membuat orang-orang lebih mengingat kelakuan anehnya daripada penampilannya di lapangan.

Saat masih membela City, ia pernah bertengkar dengan rekan setimnya, juga dengan sang pelatih yang mengorbitkan namanya, Roberto Mancini. Namun, dari semua kelakuan aneh yang pernah ia lakukan, ada yang paling diingat salah satunya adalah membakar rumahnya sendiri akibat dari kembang api yang ia nyalakan di dalam rumah.

Terlepas dari semua kelakuan aneh dan di luar nalarmu, kau tetaplah penyerang dengan bakat mumpuni. Selamat ulang tahun, Balo!



Komentar