(6 Mei) Kesuksesan Feyenoord, Spurs dan Manchester United Hingga Kelahiran Dani Alves

Backpass

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

(6 Mei) Kesuksesan Feyenoord, Spurs dan Manchester United Hingga Kelahiran Dani Alves

Ada serangkaian peristiwa penting dalam dunia sepakbola yang terjadi pada tanggal 6 Mei. Mulai dari kesuksesan Feyenoord, kelahiran Dani Alves, double winners yang diraih oleh Tottenham Hotspur hingga kesuksesan Manchester United merebut gelar Liga Primer dari Chelsea.

Feyenoord Menjadi Kesebelasan Pertama Belanda yang meraih European Cup (Liga Champions)

Feyenoord yang merupakan salah satu kesebelasan besar Belanda bersama Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven, lebih dulu mengharumkan nama Belanda di kancah Piala Eropa. Prestasi gemilang itu berhasil mereka ukir usai menundukkan Glasgow Celtic 2-1 di partai final yang digelar di San Siro.

Kub yang berasal dari kota Rotterdam itu tertinggal lebih dahulu melalui gol Tommy Gemmell, lalu sang kapten Rinus Israƫl berhasil menyamakan kedudukan yang memaksa Celtic harus bermain hingga babak perpanjangan waktu. Hingga akhirnya gol kemenangan lahir lewat aksi Ove Kindvall di menit 117 dan membawa Feyenoord menjadi juara.

Kelahiran Daniel Alves

Pemain bernama lengkap Daniel Alves da Silva ini lahir di Juazeiro, 6 Mei 1983. Saat pertama kali bermain sepakbola ia awalnya berposisi sebagai pemain sayap, akan tetapi karena jarang mencetak gol, ayahnya yang seorang petani menyarankan dirinya untuk bermain sebagai full-back.

Pilihan tersebut terbukti jitu. Setelah memulai karier profesionalnya di kesebelasan Brasil bernama Bahia pada usia 18 tahun, tak lama kemudian ia hijrah ke Spanyol untuk berseragam Sevilla dan sukses membawa kesebelasan berjuluk Los Rojiblancos itu menyabet UEFA Cup dua kali beruntun.

Alves mencapai puncak kariernya setelah hijrah ke Barcelona. Di sana ia berhasil menambah koleksi trofi. Dengan kecepatan dan agresivitas merupakan keunggulan yang dimiliknya kini ia membuktikan diri sebagai salah satu bek kanan terbaik di dunia.

Tottenham Hotspur Meraih Double Winners (6 Mei 1961)

Spurs yang sebelumnya telah sukses menjuarai Liga Inggris, berhasil mengawinkan gelar Piala FA pada hari itu. Prestasi itu mereka raih usai mengalahkan Leicester City dengan skor 2-0 di babak final. Sepasang gol kemenangan The Lilywhites dicetak oleh Bobby Smith dan Terry Dyson di babak kedua.

Trofi tersebut merupakan yang ketiga kalinya bagi mereka dan kemudian bertambah di musim berikutnya ketika mereka kembali menjuarainya di musim depan. Spurs berhasil mengikuti jejak Aston Villa yang sebelumnya telah mendapatkan dua gelar sekaligus pada tahun 1897 silam.

Manchester Merebut Gelar Liga Primer dari Chelsea

Manchester United berhasil mengunci gelar juara usai Chelsea bermain imbang dengan Arsenal pada 6 Mei 2007. Dengan hasil imbang tersebut, praktis raihan poin dari United sudah tak mungkin lagi terkejar. Pasalnya, keduanya terpaut jarak delapan angka, sedangkan Liga Primer hanya menyisakan dua pertandingan lagi.

Trofi tersebut selain merupakan yang gelar ke-16 bagi setan merah sekaligus menjadi pembuktian bagi United, sebelumnya Chelsea telah mendominasi Liga Primer dengan dua kali menjadi juara secara beruntun dalam dua musim sebelumnya. Selain itu mereka juga sukses mendominasi PFA Team of The Year dengan menyumbangkan delapan pemainnya.

Foto:thepeoplesperson, weloba, soccermond, tottenhamhotspur

Komentar