On This Day 2013, Sir Alex Mengumumkan Pensiun

Backpass

by redaksi

On This Day 2013, Sir Alex Mengumumkan Pensiun

Berita yang tidak mengejutkan banyak pihak mengingat pada awal musim 2012/2013, kabar mundurnya Sir Alex Ferguson akan pensiun sudah santer terdengar.

Namun tetap saja mundurnya Fergie menjadi berita besar sepakbola dunia. Maklum, 26 tahun ia menangani Manchester United dan menyulapnya menjadi tim tersukses di Inggris.

Datang dari Aberdeen, Sir Alex menghadapi masalah yang serius ketika menangani United pertama kali pada tahun 1986. Kondisi tim buruk terkait dengan alkohol dan level kebugaran yang mengenaskan.

Berkat disiplin ketat dan pengembangan pemain muda, Fergie perlahan mampu memberi dampak besar bagi prestasi Setan Merah. Seperti janji pertamanya saat menangani United, yakni mengalahkan dominasi Liverpool.

Salah satu puncak karirnya adalah meraih treble winner pada 1998/1999, dengan skuat Class of 92.

Meski sukses sebagai manajer, tetapi Sir Alex gagal dalam memilih suksesor. Belum genap satu musim David Moyes sudah harus pergi dari Old Trafford.

Pertandingan terakhir yang dijalani Fergie sendiri terjadi saat melawan WBA di akhir musim, dengan skor akhir 5-5. Menurutnya itu adalah salam perpisahan yang luar biasa.





(amp)

Komentar