On This Day 1998, Inter Angkat Tropi UEFA (Lagi)

On This Day

by redaksi

On This Day 1998, Inter Angkat Tropi UEFA (Lagi)

Pada 6 Mei 1998, stadion Parc de Princes yang ada di Paris punya hajatan besar. Stadion yang ada di ibukota Perancis itu didaulat untuk menggelar partai puncak UEFA Cup. Antara Inter Milan melawan Lazio.

Itu adalah All-Italian final UEFA Cup kedua bagi Inter. Sebelumnya, pada tahun 1991 Inter juga bertemu wakil Italia di partai final UEFA Cup, dan tampil sebagai juara dengan aggregate 2-1. Menang di kandang 2-0, namun kalah saat 1-0 saat dijamu AS Roma.

Berbeda dengan tahun 1991, final UEFA Cup 1998 hany dihelat sekali. Dan Inter, kembali menjadi juara untuk kali ketiga.

Jika ditilik dari peforma liga, pada tahun 1998, Lazio jelas lebih baik dari tim Biru-Hitam. I Biancocelesti berhasil menahan imbang 1-1 kala bertandang ke Milan, dan berhasil melumat Inter di kandang dengan skor 3-0.

Namun, final tetaplah final. Bukan pertandingan liga, dimana menang mendapap poin 3 dan seri mendapat poin 1.

Di luar dugaan Ivan Zamorano dkk. tampil kesetanan. Manakala pertandingan baru berjalan 5 menit, Zamorano sudah berhasil membobol gawang Lazio yang dijaga Luca Marchegiani.

Terkejut oleh gol cepat Zamorano, anak-anak ibukota lalu bangkit. Lazio enggan terus di tekan, mereka menekan balik. Di penghujung babak pertama, sebenarnya mereka punya kesempatan menyamakan kedudukan, tapi sayang tendangan Diego Fuser masih melebar ke samping gawang Pagliuca.

Meski sudah unggul, di babak kedua Inter tak mengendurkan serangan. Lewat tendangan jarak jauh Javier Zaneti, mereka menambah keunggulan pada menit 60.

Sang bintang, Ronaldo, juga hendak ambil bagian. Setelah melakukan stepover menawan, ia berhasil mengelabuhi Marchegiani. Dan dengan mudah menceploskan ke gawang. Pada menit ke-70 papan  kor pun berubah, 3-0 Inter unggul.

Keunggulan itu pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Inter akhirnya pulang ke Milan dengan tropi UEFA untuk ketiga kalinya.

[video id="lRlzPTU3Fc" site="youtube"][/video]

(mul)

Komentar