(On This Day 1960) Menjadi Joachim Löw

Backpass

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

(On This Day 1960) Menjadi Joachim Löw

Jika Piala Dunia adalah segalanya, saat ini Joachim Loew adalah pelatih terbaik di dunia. Pep Guardiola dan Jose Mourinho tidak ada apa-apanya karena tidak pernah meraih juara bersama sebuah negara.

Jogi, panggilan Loew, adalah pria yang berkharisma. Ia merupakan pelatih paling seksi di Piala Dunia 2014 versi Staits Times. Bersama timnas Jerman, ia memberi tragedi bagi persepakbolaan Brasil. Di tangannya, Brasil dihantam tujuh gol pada partai semifinal.

Loew adalah pria yang pandai. Ia memaksimalkan warisan Jerman dari tangan koleganya saat menangani timnas Jerman pada Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006, Juergen Klinsmann. Di luar perkembangan sepakbola Jerman yang kian pesat, tapi Loew jauh lebih sukses ketimbang saat Klinsman menangani timnas.

Pada hari ulang tahunnya ke-55 yang jatuh pada 3 Februari 2015 ini, berikut kami tampilkan tips bagi Anda yang ingin menjadi Loew.

Kemeja

Joachim Loew dengan kemeja putih (Sumber gambar: Morgenpost)
Joachim Loew dengan kemeja hemd putih (Sumber gambar: Morgenpost)

Kemeja putih adalah pakaian paling standar yang digunakan Jogi. Ia mengenakan kemeja “Strenesse” yang dirancang atas namanya: Jogihemd. Kemeja dengan dua pilihan warna—putih dan hitam—ini ditawarkan dengan harga 169 euro atau sekitar 2,4 juta rupiah.

Namun, tentu saja, untuk mengenakan kemeja seperti ini, Anda harus bertubuh atletis agar tonjolan dada Anda terlihat sempurna. Anda pun mesti banyak sit-up agar kemeja tak mudah robek karena perut tambun Anda.

Kemeja Hemd ini memang dirancang untuk menempel pas di kulit (slim fit). Hal paling keren dari kemeja ini adalah saat kancing paling atasnya dibuka, dan Anda mulai bertolak pinggang.

Cardigan

Cardigan yang bisa dipadukan dengan kaus polos (Sumber gambar: notchednazgul)
Cardigan yang bisa dipadukan dengan kaus polos (Sumber gambar: notchednazgul)

Ya, kami tahu kalau Jakarta panasnya minta ampun, tapi tenang, kalau Anda masih ingin gaya tapi malas pakai kemeja tanpa kepanasan, Loew memiliki opsi lain: gunakan cardigan!

Cardigan memang jadi penyelamat dalam situasi yang mengharuskan berpakaian rapi. Cardigan dapat dikenakan dengan kaus polos sebagai dasar. Ini pula yang dikenakan Loew. Ia hanya menggunakan cardigan biru tua dengan kaus polos hitam.

Jogi kembali mengenakan merek Strenesse, dengan jenis “cashmere cardigan”. Cardigan ini dijual dengan harga 399 euro atau 5,7 juta rupiah. Namun, jika Anda membelinya hari ini, Anda bisa mendapatkannya hanya seharga 199 euro atau 2,8 juta rupiah. Beli sekarang, hari Senin harga naik.

Knit Shirt

Tetap lucu dengan knit shirt baby blue (Sumber gambar: telegraph)
Tetap lucu dengan knit shirt baby blue (Sumber gambar: telegraph)

Kalau cardigan masih membuat Anda kepanasan, “knit shirt” bisa jadi pilihan alternatif. Anda bisa memadukannya dengan jas kalau mau. Kalau Anda memang percaya diri dengan bentuk tubuh, tirulah gaya Loew di atas. Berdoalah agar hari itu hujan, sehingga Anda bisa tampil lebih seksi.

Sama seperti cardigan “knit shirt” yang dikenakan Loew juga dijual di Strenesse dengan promo yang sama. Harga promo yang ditawarkan adalah 174 euro atau 2,4 juta euro. Biasa, hari Senin, harga naik.

Jas

Joachim Loew bersama anak asuhnya di timnas Jerman untuk Hugo Boss (Sumber gambar: fashionide)
Joachim Loew bersama anak asuhnya di timnas Jerman untuk Hugo Boss (Sumber gambar: fashionide)

Ini adalah hal yang paling penting dari seorang manajer atau pelatih sepakbola Eropa. Namun, di antara barang lain, jas adalah barang yang paling mahal. Misalnya saja jas “Hugo Boss” yang dikenakan Loew bersama timnas Jerman dalam foto di atas. Harga yang dipatok mencapai 1000 euro atau 14,3 juta rupiah.

Namun, sekalinya mengenakan jas, Anda bisa menggabungkannya dengan kemeja, cardigan, maupun knit shirt.

Syal

Sekilas mirip Roberto Mancini.
Sekilas mirip Roberto Mancini.

Loew kerap mengenakan syal jika kedinginan. Ia memadukannya dengan jas yang membuatnya tampil begitu elegan. Ya, Anda bisa meniru gaya Loew ini dengan membeli syal serupa seharga 129 euro atau 1,8 juta rupiah.

Kalau sedang tidak digunakan, syal ini bisa juga dijadikan kerudung ala ABG masa kini. Atau kalau malas mengeluarkan uang, Anda bisa beli syal di pinggir jalan, ya paling mahal 60 ribu lah.

Jam Tangan

Mahal!!! (Sumber gambar: timeandtidewatches)
Mahal!!! (Sumber gambar: timeandtidewatches)

Loew memang memiliki selera tinggi soal penampilan. Untuk jam tangan, bekas penyerang SC Freiburg tersebut mengenakan jam merek IWC Schaffhausen seharga... 16,670 USD atau 211 juta rupiah. Tenang, walaupun dibuat khusus timnas Jerman, tapi KW-annya juga banyak kok.

**

Dari sekian aksesoris tersebut, penulis menyarankan pada pembaca untuk melengkapi diri dengan cardigan. Mengapa, karena Anda bisa tampil seperti ini.

Bisa digunakan sebagai pelapis kemeja.
Bisa digunakan sebagai pelapis kemeja.

atau kalau kepanasan, bisa diikat seperti ini:

(Sumber gambar: mainlinemenswear)
(Sumber gambar: mainlinemenswear)

Nih, kalau kena hujan.
Nih, kalau kena hujan.

Jadi, berapa dana yang harus Anda siapkan? Total yang harus dikeluarkan senilai 18341 euro atau sekitar 262 juta rupiah. Ya, namanya juga usaha, kalau ingin ganteng, ya perlu biaya.

Sumber gambar: theguardian.com

Komentar